Laduni - Mempersatukan untuk Mercusuar Dunia

  • Minggu, 19 Agustus, 2018

Kolom

Hikmah Zulhijjah #5: Bulan Mengetuk Pintu Ilahi

Memperbanyakkan amalan kebaikan dan positif baik sosial masyarakat maupun kerja bakti lainnya juga meningkatkan ibadah sunat sepanjang 10 hari pertama pada bulan Dzulhijjah. Hal ini sebagaimana di jelaskan dalam  hadist yang berasal dari Ibnu `Abbas radhiallahu `anhuma bahwa Nabi sallallahu `alaihi wasallam bersabda:

Hikmah Zulhijjah #4: Bulan Zulhijjah Dalam Perspektif al-Quran

Allah SWT telah menjadikan bulan dalams etahun selama dua belas bulan. Salah satu diantara bulan tersebut adalah Bulan Dzulhijjah adalah bulan ke 12 dari tahun qamariyah atau yang sering di kenal dalammasyarakat dengan kalender hijriyah.

Hikmah Zulhijjah #3: Bulan Ibadah

-"Tidak ada hari-hari yang lebih dikasihi Allah untuk beribadah kepadaNya melebihi sepuluh hari bulan Zulhijjah. Berpuasa pada setiap hari daripadanya menyamai ganjaran berpuasa setahun, dan beribadah pada setiap malam daripadanya menyamai ganjaran beribadah pada Lailatul Qadr."

Tarekat Naqsyabandiah#1: Sejarah dan Pelopor Tarekat Naqsyabandiah

Dalam perjalanan sufinya, Syekh Bahauddin mengatakan bahwa beliau berpegang teguh pada jalan yang ditempuh Nabi dan sahabatnya. Salah satu ungkapan beliau mengatakan bahwa sangatlah mudah mencapai puncak pengetahuan tertinggi tentang monoteisme (tauhid), tetapi sangat sulit mencapai makrifat yang menunjukkan perbedaan halus antara pengetahuan dan pengalaman spiritual.

Bangsa Pidie #2: Karakteristik Awak Pidie, Bu Ie Geukira

Apakah ini salah satu ”pelecehan” yang sering diungkapkan dengan sebutan “Pidie Kriet”. Kita akan bertanya ada apa sih “Pidie Kriet”, padahal kaum dermawan dan milyuner banyak asal dari Pidie. Lantas mengapa juga ada orang yang berpaham Pidie kriet?