Laduni - Mempersatukan untuk Mercusuar Dunia

  • Minggu, 19 Agustus, 2018

Profil Ulama

Sayid Alwi bin Abdul Aziz, Pemberi Nama Nahdlatul Ulama

Pahlawan untuk Nahdlatul Ulama yang terlupakan, sosok pemberinya adalah Sayid ALWI ABDUL AZIZ Al-Zamadghon (Al-Adzmatkhan) lazim di sebut Kiai Mas Alwi.

Syekh H. Abdul Aziz Samalanga #7: Ulama Bergelar Al-Mantiqi

Gelar yang disandang oleh Abon Aziz Samalanga Aceh mengisyaratkan bahwa spesialis keahlian Abon Aziz Samalanga Aceh yang sangat menonjol adalah dalam bidang ilmu manthiq sehingga Abon Aziz Samalanga Aceh digelar dengan al-Manthiqi.

Syekh H. Hanafiah Abbas #7: Guru Idolanya Abu Abdul Wahab Seulimum

Begitulah kecintaan abu Wahab yang begitu mendalam kepada sosok gurunya Tgk. Abi. Salah satu wasiat Teungku Abi kepada Abu Seulimum

Syekh H. Abdul Aziz Samalanga #6: Sang Ulama Kasyaf

Pada suatu hari datang dua santri baru di Dayah Mudi. Pada saat menghadap Abon, salah satu dari santri baru tersebut dipandang oleh Abon dengan cukup lama, setelah ke dua santri tersebut keluar, ketika di tanyakan hal tersebut,

Syekh H. Abdul Aziz Samalanga #5: Jangan Alpakan "Beut-Seumeubeut" (Belajar dan Mengajar)

Kelebihan yang dimiliki oleh Abon dan tentu saja ini berkat didikan Abuya salah satunya, beliau sangat disiplin dan memiliki semangat luar biasa yang terpatri dan mengalir dalam jiwa sosok “purnama” di tengah umat itu dalam dunia “seumeubeut” (mengajar ilmu agama). Ini dibuktikan walaupun beliau kurang sehat namun saat berhadapan dengan “seumeubeut” kembali sehat.