Pesantren Attahdzib Jombang

Pesantren Attahdzib Jombang

Profil
Secara historis, Pesantren Attahdzib (PA) dirintis pertama kali oleh Hadratus-Syaikh Romo KH. Ihsan Mahin di desa Payak Mundil Ngoro Jombang pada tahun 1958. Bahkan ketika itu sudah sempat didirikan bangunan pondok.

Berdirinya Pondok Pesantren Attahdzib berawal dari adanya keinginan beberapa pemuda yang ingin menimba ilmu kepada Hadratus-Syaikh Romo KH. Ihsan Mahin yang saat itu dikenal seorang yang mumpuni dalam bidang agama serta sabar, gigih, teguh pendirian, dan banyak riyadlah (menempa diri dengan puasa, dzikir, dan tafakkur), kemudian mereka melakukan kegiatan tersebut di rumah beliau.

Karena keuletan dan daya karismatiknya sehingga nama beliau dikenal tidak hanya di wilayah Jawa Timur saja, akan tetapi hingga Jawa Tengah. Seiring perkembangan waktu, jumlah santri bertambah dan berkembang hingga memiliki elemen-elemen seperti Masjid, tempat belajar, dan pondokan yang meskipun pada awalnya amat sederhana, maka berubahlah statusnya menjadi sebuah Pesantren.Kemudian, karena beberapa pertimbangan strategis, pada tahun 1960 PA dipindah ke Rejoagung Ngoro Jombang. 

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. MTs
2. SMP
3. MA
4. SMK
5. IAIT

Fasilitas
1. Pondok Pondok terbagi dalam 2 (dua) unit : yaitu Pondok putra dan putri. Pondok putra terdiri atas 4 (empat) komplek, Komplek At-Tarbiyah, An-Nadzroh, Asy-Syafa’ah dan komplek Tarshib (khusus kanak-kanak). Sedangkan pondok putri berbentuk 1 unit bangunan lantai 3 (tiga) yang dihuni khusus bagi santri yang bersekolah dengan luas bagunan 360 M2, dan 1 unit bangunan yang terpisahkan yang khusus digunakan untuk santri yang tidak bersekolah dengan luas bangunan 160 M2.
2. Masjid Sebagai sentral pelaksanaan ibadah mahdhah di Pesantren Attahdzib terdapat sebuah masjid dengan luas area 400 M2
3. Kantor Di Pesantren Attahdzib terdapat 3 (tiga) kantor, yakni : a. Kantor Pondok Putra, luas bangunan 60 M2 b. Kantor Pondok Putri, luas bangunan 35 M2 c. Kantor Jam’iyyatut Tholabah luas bangunan 25 M2
4. Rumah 1 unit bangunan rumah untuk Kyai dengan luas area 250 M2, 10 unit bangunan permanen untuk para Ustadz dengan area 2.400 M2, dan 1 unit bangunan khusus para tamu dengan luas area 200 M2.
5. Aula Aula Pesantren Attahdzib ada 2 : a. Aula putra luas bangunan 300 M2 b. Aula putri luas bangunan 160 M2
6. Balai Pengobatan Sebagai lembaga yang menangani medis para santri, Pesantren Attahdzib memiliki 1 Balai Pengobatan lokal dengan luas bangunan 40 M2.
7. Perpustakaan Pondok Perpustakaan putra seluas 30 M2, sedangkan Perpustakaan putri dalam sebuah bangunan yang tak terpisahkan dengan unit bangunan pondok putri seluas 40 M2.
8. Kantin Kantin di Pesantren Attahdzib ada 2 : a. Kantin makan dan snak santri putra luas area 18 M2 b. Kantin makan dan snak santri putri luas area 12 M2
9. Dapur Santri Bagi santri yang menghendaki memasak sendiri disediakan tempat beserta fasilitasnya pada sebuah bangunan seluas 40 M2. 10. MTs, MA, SMK dan Perguruan Tinggi 

Ekstrakurikuler
Program Kegiatan Pesantren
1. Pengajian diniyah malam
2. Pengajian diniyah siang
3. Pengajian kitab kuning ekstra
4. Penyelenggaraan wajar dikdas
5. Latihan pidato berbahasa Indonesia, Jawa, dan Arab
6. Praktikum ‘ubudiyah
7. Qira’ah, Dziba’iyyah dan Barzanji
8. Bahtsul Masa’il
9. Mujahadah (Dzikir)
10. Kerja bakti/Ro’an
11. Jam'iyah Ath-Thalabah (Persatuan Santri);
12. Program Pembinaan membaca' al-Qur'an dengan Metode Attartil Sidoarjo dan Tartil Bil Qolam.
13. Life Skill (Pelatihan keterampilan hidup) dalam bidang perikanan, per-tukangan, pertanian, peternakan, jahit-menjahit, dan Iain-Iain.    

Alamat :
Jalan Raya Ngoro-Kandangan Km 3 Rejoagung Ngoro Jombang, Kode pos : 61473 Telp.
(0354) 326719 - 326721
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi E-mail : pesantren.attahdzib@gmail.com dan http://www.attahdzib.org

 

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.