Pesantren Darut Taqwa Ngalah Pasuruan

Pesantren Darut Taqwa Ngalah Pasuruan

Profil
Pondok Pesantren Ngalah atau yang disingkat dengan PPN dan yang lebih dikenal dengan sebutan Pondok Ngalah merupakan salah satu Pondok Pesantren yang bertempat di Kabupaten Pasuruan. Pondok Ngalah didirikan oleh KH. Moh. Sholeh Bahruddin Kalam pada bulan 30 Agustus 1985 Masehi atau bertepatan dengan Jum’at Pahing bulan 14 Dzulhijjah tahun 1405 Hijriyah.

Sama halnya dengan Pondok Pesantren yang lain tentunya Pondok Ngalah juga mempunyai histori yang panjang. Diawali pada tahun 1984 setelah manjing suluk (mendalami ilmu thoriqoh) pada KH. Munawir Kertosono, pengasuh sekaligus pendiri pondok yaitu KH. Moh. Sholeh Bahruddin mendapat amanah dari beliau (KH. Munawir) dan ayahnya (KH. Bahruddin Kalam) untuk mendirikan pondok pesantren.

Inti dari amanah tersebut adalah KH. Moh. Sholeh Bahruddin diperintah mencari tempat untuk mendirikan pondok pesantren. Akhirnya pada akhir tahun 1984 KH. Moh. Sholeh Bahruddin berhasil menemukan tempat yang sesuai seperti apa yang diamanahkan oleh gurunya.

Tepatnya pada hari Jumat Pahing bersamaan dengan pelaksanaan shalat jumat, Pondok Pesantren Ngalah diresmikan oleh KH. Bahruddin Kalam yang disaksikan oleh beberapa ulama, pemerintahan dan masyarakat sekitar. Ulama yang hadir pada saat itu diantaranya adalah KH. Munawir (Kertosono-Nganjuk-Jawa Timur), KH. Abu Amar (Pasrepan-Pasuruan-Jawa Timur), KH. Sirajuddin (Purwosari-Pasuruan-Jawa Timur) dan perwakilan ulama Sidogiri yang membawa pesan dari KH. Nawawi bahwa beliau sangat ridho dengan berdirinya pondok pesantren ini.

Tidak hanya itu selang beberapa itu, KH. Ahmad Muthohar (Mranggen-Semarang-Jawa Tengah), pengarang beberapa kitab klasik sekaligus guru KH. Moh. Sholeh Bahruddin, datang ke bumi Ngalah dan juga memberikan restunya terhadap berdirinya Pondok Pesantren Ngalah. Setelah Pondok Pesantren Ngalah diresmikan, awalnya Pondok Pesantren Ngalah memiliki beberapa santri yang dibawa oleh pengasuh dari pondok ayahnya di Carat-Gempol-Pasuruan.

Karena pada saat itu belum ada gute'an (tempat semacam asrama untuk istirahat santri), maka dibangunlah gute'an tersebut seadanya dari bambu untuk istirahat. Kemudian pada tahun 1986 dengan kegotongroyongan masyarakat sekitar berdirilah bangunan berlantai dua dengan jumlah 4 kamar sebagai tempat tidur santri putra yang kemudian disebut asrama A (A.1 A.2 A.3 A.4) dan kini beralih menjadi A.1 A2 dan A.8 A.9. Tidak hanya itu seiring dengan pergantian waktu, santri yang menuntut Ilmu pada beliau (Romo KH. Sholeh Bahruddin) kian hari kian bertambah banyak, tak ketinggalan pula santri putri pun mulai banyak yang mengaji dan belajar kepada beliau.

Melihat perkembangan santri putri yang kian bertambah membuat para sahabat beliau ikut memikirkan tempat tinggal mereka. Tidak jauh beda dengan pembuatan asrama putra, pembangunan tempat tinggal bagi santri putripun dilakukan, walhasil tidak lama kemudian berdirilah asrama B dengan jumlah kamar pertama kali 2 lokal yaitu B.1 B.2 yang kini menjadi kantor pusat putri.

Pengasuh : KH. Moh. Sholeh Bahruddin

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. Pada tahun 1985 kh. Sholeh bahrudin (putra pertama KH. Bahruddin Kalam) hijrah dan mendirikan pondok pesantren darut taqwa di desa sengonagung kec. Purwosari kab. Pasuruan.
2. Tahun 1986 pondok pesantren darut taqwa berubah nama menjadi pondok pesantren ngalah yang dilatar belakangi oleh sejarah perjuangan kh. Sholeh bahruddin di desa sengonagung kec. Purwosari pasuruan
3. Pada perkembangan selanjutnya pada tahun 1987, yayasan pondok pesantren darut taqwa (carat) mendirikan lembaga pendidikan mts. Darut taqwa 02 yang berlokasi di desa sengonagung sebagai bentuk kepedulian kh. Sholeh bahruddin terhadap pendidikan dan menampung siswa di daerah sekitar pondok pesantren ngalah.
4 .Tahun 1989 mendirikan lembaga pendidikan MA. Darut taqwa.
5. Tahun 1990 mendirikan lembaga pendidikan MI darut taqwa.
6. Tahun 1995 mendirikan lembaga Raudlotul Athfal (RA) darut taqwa.
7. Tahun 1996 mendirikan Perguruan Tinggi islam sengonagung (STAI) jurusan pendidikan agama islam
8. Tahun 1999 mendirikan lembaga pendidikan di bawah naungan dinas p dan k yaitu SMA Darut Taqwa
9. Tahun 2002 bekerja sama dengan smkn 1 purwosari dalam bidang life skill yang bertujuan meningkatkan kualitas santri dalam bidang ketrampilan. Dan pada tahun 2003 smkn 1 purwosari bekerja sama dengan yayasan darut taqwa membuka SMK kelas jauh pada pondok pesantren
10. Pada tahun yang sama yayasan mengembangkan sekolah tinggi agama islam sengonagung (stais) dengan 2 jurusan: pai dan pba, sekarang menjadi Universitas Yudharta Pasuruan dengan 5 (lima) fakultas (fakultas Teknik, Pertanian, Sosial & Politik, Psikologi, FAI.
11. Tahun 2006 mendirikan SMK Darut Taqwa dengan bidang keahlian tekhnik informatika dan mekanik otomotif

Pendidikan Non Formal
1. PONDOK PESANTREN
2. MADRASAH DINIYAH DARUT TAQWA
3. MADRASATUL QUR'AN NGALAH

Pendidikan Informal
Dalam rangka tujuan pendidikan rohani sebagaimana tersebut di atas, Pendidikan Informal di Pondok Pesantren Ngalah adalah pendidikan khususiyah, dalam hal ini adalah Thoriqoh. Thoriqoh di Pondok Pesantren Ngalah adalah Thoriqoh Naqsabandiyah Wal Qodiriyah Wal Mujadadiyah.

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
EkstrPers dan Jurnalistik, Pramuka, PMR, Seni Teater, Seni Musik, Al-Banjari, Paduan Suara, PKS, Pagar Nusa dan Karya Ilmiah Remaja. Ekstra kurikuler dibina dengan sungguh-sungguh, banyak prestasi yang didapat ditingkat kabupaten, dan tingkat jawa timur. Selain ekstra kurikuler terdapat juga oraganisasi Intra yaitu Majelis Perwakilan Kelas atai MPK dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Alamat
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan Jawa Timur Kode Pos 67162Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail: pondokngalah@gmail.
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://daruttaqwa.wordpress.com

       

    

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.