Menapak Tilas dan Berdo'a di Makam Syarifah Maryam

Menapak Tilas dan Berdo'a di Makam Syarifah Maryam

BALIKPAPAN - Makam pulau Tukung merupakan salah satu makam di Balikpapan yang dikenal sebagai makam keramat oleh beberapa masyarakat. Peziarah yang datang ke makam yang dikenal keramat ini, tidak hanya berasal dari Balikpapan namun juga dari luar Balikpapan. Bagi mereka yang mengerti, mereka datang untuk ber-tawassul (salah satu cara berdo'a kepada Allah) agar hajat-hajat mereka di kabulkan dan mengharapkan keberkahan (istilah syariat : tabarruk).

Makam tersebut merupakan makam seorang ulama perempuan yang masih termasuk dzurriyyah Nabi Muhammad SAW bernama Syarifah Maryam. Penjaga makam bernama Hajjah Mastia, setelah sebelumnya dijaga oleh almarhum Habib Gasim bin Haji Ungkuk. Dulunya makam tersebut berada di tengah laut, namun kemudian di pindah ke daratan karena diperlukan untuk pembangunan pelabuhan.
 
Rumah tempat "Makam Keramat Pulau Tukung"
 
Pintu masuk ke makam, bertuliskan ""Makam Keramat Pulau Tukung"
 
 
Makam Syarifah Maryam berkelambu kuning

 

Kuliner Khas Balikpapan

1. Aneka Olahan Kepiting
Sudah menjadi rahasia umum jika Balikpapan merupakan salah satu daerah penghasil kepiting bakau (Scylla serrata) terbaik di Indonesia. Berbagai aneka olahan kepiting bakau (atau biasa disebut kepiting Soka) yang lezat bisa anda dapatkan dibeberapa restoran yang ada di Jalan Marsma Iswahyudi Gunung Bakaran (tak jauh dari Bandara Sepinggan). Menu kepiting lada hitamkepiting saos specialkepiting saus tiramkepiting tauco, hingga kepiting goreng mentega ada disini. Namun dari sekian banyak menu, kepiting lada hitam dan kepiting saos special menjadi yang terdepan. Kepiting Soka yang gemuk dan banyak dagingnya memang akan semakin nikmat dengan bumbu saus dan lada hitam yang pedas.



 2.Abon kepiting
Olahan lain yang lebih awet dan tahan dalam jangka waktu yang lebih lama yakni berupa abon kepiting yang banyak dijual dibeberapa minimarket ataupun toko-toko penjual oleh-oleh khas Balikpapan. Sedikitnya ada 2 farian abon kepiting yang dijual di pasaran, yakni original dan rasa bumbu.

 

Oleh-oleh

Mantau

makanan khas Balikpapan mantau

Mantau memang bukan asli makanan khas Balikpapan. Mantau lebih banyak dikenal sebagai salah satu jenis kuliner khas Cina. Namun di Balikpapan, ada kuliner mantau yang sangat terkenal dan banyak dijadikan oleh-oleh saat bepergian ke Balikpapan. Salah satu produsen mantau yang sudah dikenal luas di kota Balikpapan adalah Pondok Mantau. Mereka pun menyediakan produk mantau yang bisa dimakan di tempat atau bisa juga dibawa pulang untuk oleh-oleh. Harganya juga tidak terlalu mahal, yakni sebesar 60 ribu rupiah.

Bingka  

makanan khas Balikpapan
Bingka Balikpapan Makanan khas Balikpapan berikutnya adalah amplang, sebuah kue tradisional yang dibuat dengan bahan utama kentang. Makanan ini memang tidak mempunyai daya tahan yang lama. Terlebih kue bingka dibuat dengan bahan-bahan tanpa pengawet. Di antaranya adalah kentang, telor, mentega, bula, susu serta santan. Kuliner yang satu ini mempunyai rasa yang gurih dan manis. Selain itu, saat ini para traveler juga bisa mendapatkan berbagai varian rasa bingka. Mulai dari bingka rasa keju, piang, gula merah bahkan bingka labu merah.

Amplang

makanan khas Balikpapan

Amplang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh makanan khas Balikpapan untuk dibawa pulang. Amplang yang berasal dari kota Balikpapan dibuat dengan bahan utama daging ikan pipih. Selain itu, saat ini juga banyak amplang yang diproduksi dengan memakai bahan dasar utama berupa daging ikan tengiri. Bentuknya yang seperti kerupuk, membuat amplang pun jadi pilihan jajanan yang enak untuk disantap. Bisa dimakan di tengah perjalanan atau bisa juga dibawa pulang.

Bakpia

makanan khas Balikpapan

Bakpia dari kota Balikpapan tidak kalah lezatnya jika dibandingkan dengan bakpia patok yang ada di Yogyakarta. Bentuk bakpia yang ada di kota Balikpapan sedikit berbeda dengan bakpia dari Yogyakarta. Bakpia di kota ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar. Tak hanya itu, bakpia khas Balikpapan juga mempunyai varian isi yang lebih banyak. Mulai dari bakpia isi kacang hijau, cokelat ataupun keju.

Onde-onde ubi ungu

makanan khas Balikpapan

Terakhir adalah onde-onde ubi ungu yang baru-baru ini menjadi pilihan oleh-oleh menarik dari Balikpapan. Onde-onde ini merupakan kreasi dari Rumah Kue Brownies dan tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Di antaranya adalah kacang hijau, keju, cokelat serta ubi ungu.