Nasihat Orang Tua Tentang Sebuah Aqidah

 
Nasihat Orang Tua Tentang Sebuah Aqidah
Sumber Gambar: Ilustrasi orang tua menasehati anak (Foto Ist)

Laduni.ID Jakarta - Kepada Anak Muslim, Orang Tua Bernasehat: “Kamu Harus Tetap Pada Agamamu.” Dan Kepada Anak Kristen, Bernasehat: “Kamu Harus Tetap Pada Agamamu.”

Pertanyaan :

Kalau seorang Islam memberi nasehat kepada anaknya yang beragama Islam, dengan ucapan: “Kamu harus tetap dalam agamamu.” Begitu pula pada anaknya yang beragama Kristen dengan ucapan yang sama. Apakah si ayah itu menjadi kufur dengan ucapannya itu?.

Jawab :
Kalau tidak ada maksud dengan ucapannya itu, ridha akan kekristenannya si anak, maka tidak menjadi kufur. Tetapi kalau sengaja ridha atas kekristenannya si anak, maka menjadi kufur dan terlepas dari agama Islam.

Baca Juga: 0156. Adab Anak kepada Orang Tua Menurut Imam al-Ghazali

Keterangan, dari kitab:

  1. Bughyah al-Mustarsyidin 

وَمِنْهَا أَنَّ الْمُسْلِمَ إِذَا صَدَرَ مِنْهُ مُكَفِّرٌ لاَ يَعْرِفُ مَعْنَاهُ أَوْ يَعْرِفُهُ وَدَلَّتْ الْقَرَائِنُ عَلَى عَدَمِ إِرَادَتِهِ أَوْ شَكَّ لاَ يَكْفُرُ.

Sesungguhnya seorang muslim jika keluar darinya ucapan yang bisa membuat kafir, sementara ia tidak mengetahui artinya, atau mengetahuinya namun ada indikasi yang menunjukkan ketidakinginannya, atau ragu-ragu, maka ia tidak menjadi kafir.

Abdurrahman Ba’alawi, Bughyah al-Mustarsyidin, (Indonesia: Syirkah Nur Asia, t, th.), h. 297.

Sumber: Ahkamul Fuqaha no. 229 Keputusan Muktamar Nahdlatul Ulama ke 13di Menes Banten Pada Tanggal 13 Rabiuts Tsani 1357 H. / 12 Juli 1938 M.