Pesantren Darul A’mal Lampung

Pesantren Darul A’mal Lampung

Profil
Pondok Pesantren Darul A’mal adalah pondok rintisan Almarhum Almaghfurlah Hadhrotus Syekh KH. Khusnan Musthofa Ghufron. Pondok Pesantren Darul A’mal memiliki tujuan untuk melestarikan dan mengembangkan akhlaqul karimah serta nilai-nilai amaliah salafus sholeh.

Hadhrotus Syekh Romo KH. Khusnan Musthofa Ghufronadalah seorang aktifis yang memiliki kapabilitas yang sangat tinggi. Beliau aktif pada organisasi terbesar Nahdlotul Ulama selama kurang lebih 10 tahun, sehingga pada saat itu beliau dijuluki dengan nama Si Singa Putih Penjaga Rimba Ulama Lampung.

Pada tahun 1988 beliau memutuskan untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan agama untuk mendedikasikan dirinya pada masyarakat luas. Beliau merintis berdirinya pondok pesantren Darul A’mal yang berlokasi di Jl. Pesantren Mulyojati 16B Kec. Metro Barat Kota Metro dengan salah satu sahabatnya yaitu KH. Syamsudin Tohir.

Dalam mendirikan bangunan, beliau membeli sebidang tanah sedikit demi sedikit dan terus meluaskan daerah atau lingkungan pondok pesantren secara berkala, begitu juga dalam pembangunannya beliau juga memulainya dengan membangun bangunan kecil dan secara terus menerus membangun dan akhirnya memiliki beberapa bangunan besar.

Pada tahun 1989 datanglah beberapa santri, dengan kegiatan 'ubudiyah dan mengaji secara bandongan di musholla dan beberapa gutean (kamar) yang telah dibangun. Dalam perkembangannya jumlah anak yang ingin mengaji dan mondok semakin banyak. 

Pendidikan
Pendidikan Formal
Aktivitas Pendidikan di Pondok Pesantren Darul A’mal selain kajian kitab kuning adalah pendidikan umum misalnya, IPA, IPS, B.Arab, B. Inggris, IT, pembelajaran Manakib Syekh Abdul Qadir al Jailani ra, Rebana (Hadrah) dan lain sebagainya yang terdapat beberapa jenjang pendidikan yakni:
1. SD Asuh
2. MTs
3. S
MA
4. SMK


Pendidikan Non Formal
  1. Pendidikan Pesantren
  2. Tahfidz Al-Qur’an 
  3. Madrasah Diniyah tingkat Awaliyah, Wustho, Ulya, dan Ma’had A’li


Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Jl. Pesantren Mulyojati 16 B Kec. Metro Barat Kota Metro, Lampung

 
 
Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.