Pesantren “Al-Hikmah”Mamuju Utara

Pesantren “Al-Hikmah”Mamuju Utara

Profil
Yayasan Pondok Pesantren “Al-Hikmah” merupakan salah satu yayasan yang terdapat di lingkungan transmigrasi, beralamatkan di Desa Karave (Baras III), Kec. Bulu Taba, Kab. Mamuju Utara. Al-Hikmah didirikan pada tahun 2002 oleh para tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah. Kiprah Al-Hikmah di bidang agama diwujudkan dalam unit pendidikan di antaranya Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Tsanawiyah (MTs.), dan Madrasah Aliyah (MA), serta di bidang sosial dan kemasyarakatan.

Pondok Pesantren “Al-Hikmah” Karave didirikan atas inisiasi tokoh agama yang diwakili oleh Ust. Zainal Ngabidin, A.Ma. (Alm.) dan tokoh masyarakat desa Karave, Kab. Mamuju Utara pada pertengahan tahun 2002. Pada awalnya, Pondok Pesantren “Al-Hikmah” Karave hanya membuka jenjang pendidikan MTs. (Madrasah Tsnawiyah) atau setara SMP dan menerima peserta didik angkatan pertama pada tahun ajaran 2002/2003. Kemudian, pada tahun ajaran 2006/2007 Yayasan Pesantren ini mulai membuka jenjang pendidikan MA. (Madrasah Aliyah) atau setara SMA. Pada dasarnya, pendirian pesantren ini berdasarkan pada:
- Kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam penguasaan IPTEK yang didasari IMTAQ yang kuat;
- Penyediaan pendidikan berbasis Ilmu Pengetahuan Umum yang didasari dengan Pendidikan Agama, dalam rangka counter attact terhadap dekadensi moral di tengah-tengah krisis moral ini; dan
- Kebutuhan akan kader-kader da’i yang handal sebagai garda terdepan perjuangan menegakkan masyarakat Madani.
Pendidikan
Pondok Pesantren Al-Hikmah menggunakan dua macam kurikulum, yakni (a) Satuan Pendidikan formal menggunakan kurikulum nasional yang dirancang oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI; dan (b) Kegiatan kepesantrenan menggunakan kurikulum mandiri yang disusun berdasarkan asas-asas kepesantrenan dengan mempertimbangan aspek lokal. Dalam rangka menerjemahkan visi serta arah dan tujuan pendidikan Pondok Pesantren Al-Hikmah ini, maka dibuat satuan pendidikan dalam bentuk:
1. Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau setara SMP/sederajat, yang diberi nama MTs. Al-Hikmah
2. Madrasah Aliyah (MA) atau setara SMA/sederajat, yang diberi nama MA. Al-Hikmah
3. Kepesantrenan

Fasilitas
Gedung administrasi, Gedung serba guna (kapasitas 150 orang), Kantin (Warung Koperasi), Asrama Siswa dan asrama guru, Gedung Pelatihan, Perumahan pimpinan, guru, dan staff; Lapangan olah raga; Gedung Pendidikan ( 8 kelas), Perpustakaan,  R. Kepala Madrasah, Guru, R. BK, R. Pengembangan Bahasa, dan R. Pengembangan Teknologi Informasi.
Ekstrakurikuler
Peningkatan Bahasa melalui English Club, Muhadharoh, Peningkatan Bahasa Arab, Pengajian kitab kuning, Tahfidul Qur’an, Nahwu dan Sorof, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Tasawuf, Sholawat Rebana, Muhadloroh, Tahlil, Istighosah, Manakib (Syeh Abdul Qodir Jailani).
Alamat
Jalan Masjid No. 2-4 Desa Karave (Baras III), Kec. Bulu Taba Kab. Mamuju Utara, Sulawesi Barat
Telp. 082188537891 – 082349881663
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi http://alhikmah.sch.id dan Email: salamalhikmah@gmail.com
 


 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.