Pesantren Ma'dinul 'Ulum Tulungagung

Pesantren Ma'dinul 'Ulum Tulungagung

Profil
Berawal dari pengajian tersebut, maka terbentuklah pondok pesantren yang kemudian ia beri nama Pesantren Salafiyah MA'DINUL'ULUM. Nama itu diambil dari nama dari daerah Campurdarat yang masih rawa dan sumber air. dengan harapan bisa menjadikan sumber ilmu agama. Khusus pada bidang keagamaan beliau ingin mencetak kader – kader Ulama’ yang akan meneruskan perjuangan Rosululloh SAW di masa mendatang, maka dari itu beliau mendirikan madrasah diniyah sehingga pada tahun 1969 M sudah mempunyai siswa kurang lebih 900 siswa.

Dari hari ke hari, perkembangan siswa dan jama’ah semakin bertambah, maka dirasa perlu membenahi segalah sesuatunya. Untuk itu tepatnya pada tahun 1977 M beliau merehab Musholla yang semula terdiri dari sebagian tembok dan sebagian anyaman bambu, menjadi bangunan permanen dari tembok dengan ukuran 15 x 8 m.

Selang satu tahun kemudian, datanglah santri dari luar daerah, karena semakin hari semakin bertambah,maka mulai saat itulah dibangun pondokan untuk menampung santri yang datang dari luar daerah, hingga pada tahun 1979 M beliau membangun gedung madrasah yang terdiri dari dua lokal dengan ukuran 14 x 6m ,karena sarana yang sudah ada tidak memadahi lagi, mulai saat itulah perkembangan pondok pesantren semakin pesat bahkan dapat dikatakan stabil, karena jumlah santri dan fasilitas gedung semakin bertambah.
Pendidikan
1. Pendidikan Formal Taman Kanak – Kanak + PLUS
2. Madrasah Ibtida’iyah ( MI ) PLUS +
3. Madrasah Diniyah Awaliyah
4. Madrasah Diniyah Wustho ( Tsanawiyah )
5. Madrasah Diniyah Aliyah
6. Pengajian Kitab – Kitab Kuning ( Salafiyah )
7. Hafidh Al – Qur’an
Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurikuler
Pengajian Kitab Kuning, Sorogan Al-Quran, Tahaffudz Al-Quran, Jamiyatul Quro', Bahtsul Masail, Jam'iyah Diniyah, Seni Sholawat Al-Banjari, Diklat Ubudiyah, Kaligrafi, Bina Karya, Paket B, Paket C, Pengajian Rutin Malam Ahad (Masyarakat Umum), Kuliah Subuh (Alumni dan Masyarakat Umum), dll.
Alamat
Jl. Raya Popoh, Campurdarat, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, 66272,Jawa Timur
Telepon: +62 355-533009
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi madinululum.wordpress.com


 

 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.