Pesantren PPSQ Asy-Syadzili Sumberpasir 1 Kab Malang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren PPSQ Asy-Syadzili Sumberpasir 1 Kab Malang

Profil

Pondok Pesantren Salaf Al-Quran Asy-Syadzili 1, adalah pondok pesantren Tahfidz Al-Qur’an yang mengajarkan beragam bacaan Al-Quran dari Imam yang tersambung kepada Rasulullah, lebih dikenal dengan Qira'at Sab'ah dan Qira'at 'Asyr, tidak hanya mengajarkan ilmu Al-Qur’an, Pondok Pesantren Salaf Al-Quran Asy-Syadzili juga mengajarkan kitab-kitab salaf seperti Nahwu, Shorof, Fiqih dan Tafsir (madrasah diniyah).

Terletak di bawah kaki gunung, tepatnya di Desa Sumberpasir, Kec.Pakis Kab.Malang, provinsi Jawa timur, dengan di dukung oleh lingkungan yang asri Pondok Pesantren Salaf Al-Quran Asy-Syadzili berikhtiar mencetak generasi yang dapat membumikan Al-Qur’an dan melangitkan manusia. Pondok Pesantren Salaf Al-Quran Asy-Syadzili1, merupakan salah satu pesantren yang terkenal di Wilayah Malang, didirikan oleh KH. Ahmad Syadzili Muhdlor, berawal dengan merintis pendidikan agama di sekitar wilayah sumberpasir. yang sekarang di asuh oleh putra ke-6 dari 10 bersaudara yaitu Abuya KH. Abdul Mun’im Syadzili.

Pada tahun 1970 sudah banyak santri yang datang untuk nyantri (menetap) tetapi karena keterbatasan tempat dan fasilitas maka mereka belum bisa diterima hingga akhirnya pada tahun 1975 dibangunlah sebuah asrama kecil di atas tanah waqaf masjid yang berkapasitas sekitar 15 orang.

Pada tahun 1980-an ada seorang dermawan yang membeli rumah keluarga ibu Nyai (Hj. Rahmah Marzuqi) untuk diwaqofkan kepondok, dermawan tersebut ialah H. Jainal Abidin, dan rumah tersebut langsung difungsikan sebagai tempat tinggal para santri. Karena keterbatsan tempat dan yang lainnya maka pada waktu itu pengasuh membatasi jumlah santrinya sebanyak 40 orang dan pada saat itu juga pendidikan masih terfokus pada tahfidhul Qur'an saja, sebenarnya banyak pihak-pihak yang ingin membangun pondok tapi pengasuh belum berkenan untuk membangunnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.