Pesantren Wisma Wisnu Kab Madiun

Pesantren Wisma Wisnu Kab Madiun

Profil
Kegigihan Kyai haji Moh.Anwar Muharror menimba ilmu yang bisa dilihat mata melalui ilmu teori dan praktek dengan mengembara jalan kaki mulai dari pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan sampai ke negeri Jiran malaysia serta Singapore dan Brunai. Sekitar tahun 1990 saat melintasi dijalan besar Balerejo, Kyai yang asli Jember itu melihat ada banjir besar diwilayah Balerejo Kabupaten Madiun. Sang Kyai spontan ikut menolong masyarakat korban banjir dan berbincang dengan tokoh masyarakat setempat untuk berencana untuk membangun desa.

Mbah Anwar (panggilan akrabnya) memutuskan membeli tanah di jeruk gulung Balerejo seluas 12 meter X 20 meter, tanah yang pada saat itu masih berupa hutan bambu dan rawa-rawa mulai di bangun rumah oleh Kyai anwar untuk dijadikan pos untuk rumah pengajian kecil-kecilan. Tanah tersebut dibeli dari Sarjono, anggota TNI, anak dari Sumo Sekale yang waktu itu kondisinya dipenuhi lumpur. Tak lama berselang banyak anak asuh yang berdatangan untuk belajar mengaji.

Tak hanya warga sekitar, banyak anak asuh berdatangan dari jauh seperti dari Palembang, Medan, Pekanbaru, Tasikmalaya, Lampung, Kebumen, Wonosobo, Jember, Banyuwangi, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Blora dan Surabaya menjadi santri Kyai Anwar. Saat itu Kabupaten Madiun dipimpin oleh Bupati Kadiono. Dari Pondok bambu/Angkring dirubah menjadi bangunan beton oleh Kyai Anwar menjadi Asrama Putra dan Asrama Putri. Seiring berjalanya waktu Kyai Haji mendapatkan bantuan dari kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Rasiyo saat itu berupa Mesin Las senilai 40 juta dan Dinamo Dinyo.

Mulailah Kyai Anwar membuka usaha Pembuatan Terop, Panggung dan Sound System. Usaha tersebut terus dikembangkan oleh para santrinya. Pada tahun 2008 semasa Bupati Muhtarom, Kyai Anwar mendirikan sekolah SMK Terpadu Wisma Wisnu dan Koperasi Fajar Wisnu yang berkembang pesat dengan jumlah anggota sekarang mencapai 5040 orang. Koperasi Pondok Pesantren Fajar Wisnu memiliki unit usaha simpan pinjam dan penjualan gula serta minyak goreng murah. Selain itu koperasi tersebut juga melayani kredit pakaian.

Syarat menjadi anggotapun tergolong mudah yaitu dengan cukup membayar / menabung seribu rupiah tiap hari jum'at. Setiap anggota bisa mendapatkan pinjaman untuk modal usaha sampai dengan 5 juta rupiah dengan bunga 2 persen. Koperasi Pondok Pesantren Fajar Wisnu yang awalnya mendapatkan bantuan modal dari Propinsi Jawa Timur sebesar 50 juta rupiah, saat ini telah berkembang dengan aset sekitar 500 juta rupiah.Tabungan rutin anggota akan dibagikan lagi saat lebaran.
Pengasuh : Moh Anwar Muharror, KH
Pendiri : Moh Anwar Muharror, KH

Pendidikan
Pendidikan Formal :
1. SMK Terpadu Wisma Wisnu
2. Paket C
3. Wajar Dikdas Ula/Wustho Wisma Wisnu 4. Roudlotul athfal Wisma Wisnu

Pendidikan Informal :
1. TPA/TPQ Wisma Wisnu
2. Madrasah Diniyah Wisma Wisnu

Pendidikan Nonformal :
1. Askesos

Program :
1. Panti Asuhan Wisma - Wisnu

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Hadrah
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan Wirausaha

Alamat
Jeruk Gulung, Balerejo, Jerukgulung, Madiun, Jawa Timur 63152
Telepon: (0351) 386536
 

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.