Pesantren Hasyim Asy'ari Tegal

Pesantren Hasyim Asy'ari Tegal

Profil
Perjalanan sejarah Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub yang relatif baru, telah menuntut para Pengurus dan Pengasuh lebih giat dalam menyempurnakan fasilitas dan aturan untuk menjadi lembaga yang lebih baik. Belajar dari perjalanan Pondok Pesantren di Indonesia dan melihat keberhasilan lembaga Universitas Al-Azhar Cairo Mesir yang telah berumur lebih dari 1000 tahun lamanya.

Badan Pelaksana Pendidikan Ma’arif Nahdlotul Ulama Kec. Tarub yang memayungi segala kebijakan kebijakan telah berjalan selama ini, juga berusaha merapikan dan meremajakan Pengurusnya. Dengan niat yang tulus dan ikhlas, maka wakif tanah Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub, yaitu H. Kasnudi untuk wakaf tanah di desa Dermasandi  seluas 10.000 M.   Dalam wakaf tersebut wakif menguraikan niat dan cita-citanya mendrikan Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub.

Saat ini Pimpinan Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub adalah  KH. Huzaini Amir. Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tarub mulai melakukan misi dan cita-citanya, mengajarkan agama Islam, pendidikan untuk anak-anak fuqara dan tidak mampu serta bercita-cita membangun Pondok Pesantren yang mandiri dan berkarakter.

Visi Dan Misi pondok pesantren
Secara garis besar visi Pondok Pesantren Hasyim As’yari bisa dideskripsikan sebagai berikut :
Membentuk manusia yang beriman, bertaqwa, berahlak mulia, sehat dan cerdas, berkualitas, mandiri, cinta tanah air, menguasai ilmu pengetahuan umum maupun agama, teknologi serta memiliki etos kerja yang tinggi dan berdisiplin dalam wadah Republik Indonesia.

Sementara misi Pondok pesantren Hasyim Asy’ari adalah;
1. Mengembangkan budaya masyarakat yang kreatif, tertib, disiplin serta menanamkan keislaman dalam kehidupan masyarakat.
2. Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan kepada masyarakat dan mengembangkan peran serta masyarakat dalam Pendidikan Pesantren

Pendidikan
Yayasan Hasyim Asy'ari Tarub Tegal mempunyai 4 sekolah formal yang sangat berkembang pesat :
1. SMP NU 1 Hasyim Asy'ari
2. MTs NU 1 Hasyim Asy'ari
3. SMA NU 1 Hasyim Asy'ari
4. SMK NU 1 Hasyim Asy'ari Semua Sekolah formal diatas berbasis pesantren .

Sekolah Nonformal :
1. MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah)
2. MDTW (Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho) -Ulya -KBIH (Bimbingan Manasik Haji) 

Fasilitas
 Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al-Qur'an, marawis atau hadrah, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band.

Alamat
Karangjati, Tarub, Tegal, Jawa Tengah 52471
 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.