Pesantren Al-Ma'arif Bantargedang Tasikmalaya

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Al-Ma'arif Bantargedang Tasikmalaya

Profil

Pesantren Bantargedang berlokasi di Kampung Bantargedang, Kersanagara, Cibeureum, Tasikmalaya, Jawa Barat berdiri pada tahun 1942 M. Pesantren Bantargedang didirikan oleh seorang alim ulama kharismatik almaghfurlah KH. Muhammad Rukhiat.

Pondok Pesantren Bantargedang dikenal sebagai pesantren yang memiliki ciri khas Ilmu Nahwu dan Shorof yang mengajarkan pengajian kitab-kitab, klasik karya para ulama-ulama fenomenaln wabil khusus yang memperdalam ilmu Nahwu dan Shorof. Maka tal heran, banyak pencari ilmu yang hendak mengaji ke pondok pesantren Bantargedang kota Tasikmalaya dari berbagai daerah di Indonesia hingga saat ini.

Pondok pesantren Al-Maarif ini sudah berdiri selama 76 tahun sejak tahun 1942 dengan didirikan pertama kali oleh KH. Muhammad Ruhiyat dengan luas wilayah ±11.200 m2 dengan fasilitas-fasilitas didalamnya seperti asrama untuk putra dan putri, masjid, sekolah dan bangunan lainnya yang berasal dari dana swadaya, pemerintah dan dari pondok pesantren itu sendiri. Pondok pesantren al-Ma'arif sudah memliki presatasi yang banyak salah satunya adalah juara MQK Nasional tahun 2004. Pondok pesantren Al-Ma'arif memiliki pendidikan formal yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan jumlah 20 orang tenaga pendidik.

Sejarah

Pondok Pesantren Bantargedang merupakan Lembaga Pendidikan yang terletak di sebelah timur Timur Provinsi Jawa Barat tepatnya di Kota Tasikmalaya yakni Kota yang terkenal dari sabang sampai merauke dengan julukan sebagai Kota Santri karena banyaknya Pesantren-pesantren yang ada di kota ini yang salah satunya adalah Pondok Pesantren Bantargedang
atau di sebut juga Bantargedang Islamic College (BIC).

Banyak pesantren di daerah Tasikmalaya ini,pesantren Bantargedang bersebelahan dengan pesantren besar seperti pesantren condong dan berdekatan pula dengan pesantren miftahul huda awipari yang di pimpin Mama Abuya Khoer Effendi, dan banyak pesantren-pesantren kecilnya di sekitar pesantren Bantargedang ini, pesantren Bantargedang merupakan pesantren salafi yang khusus para santri hanya mengaji dan menuntut ilmu di pesantren ini dan tidak di perbolehkan menuntut ilmu sekolah atau formal Pondok Pesantren Bantargedang merupakan Pesantren Besar yang berdiri sudah hampir Se-abad sehingga sudah melahirkan alumni-alumni sukses Ratusan Ribu banyaknya.

Maka tak heran alumni Pondok Pesantren Bantargedang tersebar di seluruh pelosok negeri ini.Santri yang menuntut ilmu datang dari berbagai penjuru daerah bahkan banyak yang dari luar Provinsi Jawa Barat sehingga Pondok Pesantren Bantargedang sudah terkenal juga dari Sabang sampai Merauke. dengan harapan, apa yang mereka dapat dari Pondok Pesantren Bantargedang dapat bermanfaat dengan mengamalkan ilmunya bagi masyarakat terutama dalam memperkuat aqidah, memperbaiki akhlak dan moral yang sesuai dengan ajaran Agama Islam.

Dibalik kebesarannya Pondok Pesantren Bantargedang ini tidak lain salah satunya yang paling besar dari usaha Pendirinya yaitu KH. Muhammad Ruhiat (Alm). Almarhum lahir pada tahun 1923 – wafat tahun 1992 di Tanah Suci Mekkah saat beribadah Haji. Almarhum dimakamkan di Mekkah. Dalam Fii Sabiilillahnya mengelola Pesantren Bantargedang almarhum ditemani seorang istri yaitu Hj. Amas Maesyaroh (Alm) yang wafat pada tahun 2014. Beliau memiliki 7 (Tujuh) orang anak terdiri dari empat orang anak laki-laki dan tiga orang anak perempuan yang sekarang meneruskan perjuangan beliau dibantu para cucunya dalam mengabdikan jiwa raga dan pikirannya untuk Pondok Pesantren Bantargedang (BIC).

Pondok Pesantren Bantargedang sudah malang melintang dalam dunia pesantren khsusunya melalui kitab kuning yang secara khusus diperdalam yaitu Kitab Nahwu dan Shorof. Tak heran pada tahun 2004 lalu salah satu santri ikut berpartisipasi dalam acara lomba MQK Tingkat Nasional Pertama serta mendapatkan Juara Pertama. Di samping itu, segudang Prestasi telah diraih oleh para santri dan para alumninya.

Pendiri
KH. Muhammad Ruhiat

Pengasuh
1. KH. Muhammad Ruhiat
2. KH. Bahrum Mufti Ruhiat

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. SMK KH. Muhammad Ruhiat
2. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut
1. Tahfidz Qur'an
2. Kajian kitab kuning
3. Paskibra
4. Jurnalistik
5. Olahraga
6. Seni Kaligrafi
7. Seni Marawis dan Hadroh
8. Pencak Silat
9. English Club
 

Hadrah di pesantren Bantargedang
 

Pelatihan komputer di pesantren Bantargedang

Fasilitas

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Ruang Perpustakaan
2. Lab Komputer
3. Ruang Praktek Multimedia
4. Lapangan Serbaguna
5. Hotspot Area
6. Asrama Putra & Putri
7. Sarana Ibadah (Masjid & Mushola)
8. Kantin


Gedung pesantren di pesantren Bantargedang
 

Gedung sekolah di pesantren Bantargedang

Alamat

Jl. Bantargedang RT 001 RW 10 , Kersanagara, Cibeureum, Tasikmalaya, Jawa Barat
Kode Pos:  46196

Email     :   pp.bantargedang42@gmail.com
 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.