Profil Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Raden Wijaya Mojokerto

 
Profil Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Raden Wijaya Mojokerto

STIT Raden Wijaya berdiri pada tahun 1979 : Berdiri dengan nama UNSURI Mojokerto dengan berafiliasi ke UNSURI Surabaya, dengan fakultas :
1. Fakultas Tarbiyah
2. Fakultas Teknik Sipil
3. Fakultas Teknik Mesin
4. Fakultas Ilmu Sosial Politik
5. Fakultas Ekonomi.
pada tahun 1980 UNSURI merubah nama status menjadi UNIVERSITAS RADEN WIJAYA MOJOKERTO (UNIJAYA) Dengan Fakultas yang sama (sda), Program Sarjana Muda. Fakultas Tarbiyah dengan Program Sarjana Muda di bawah Koordinator Perguruan Tinggi Islam Wilayah IV Surabaya : dengan Keputusan Menteri Agama Nomor : KEP / E . III / 215 / 82 Tanggal : 13 Juli 1982. TAHUN 1989 : Karena perubahan kurikulum dan Restrukturisasi PTS / PTAIS Turun Status Baru : Fakultas Tarbiyah berubah menjadi SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH RADEN WIJAYA
Jurusan : Pendidikan Agama Islam Program : Sarjana S1 Status : Terdaftar berlaku 5 tahun Tgl. SK. : 11 Maret 1989 No. SK. : 58 Tahun 1989. Tahun 2008 : Melakukan Akreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam dan memperoleh Peringkat B dengan poin terkumpul 311, Peringkat dan akreditasi tersebut berdasarkan SK. BAN-PT No. 016/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/ 2008 tertanggal 3 Agustus 2008 dan berlaku hingga 3 Agustus 2013.
VISI, MISI, DAN TUJUAN
VISI
Terberdayakannya intelektual Muslim yang peka terhadap perkembangan zaman dan dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui pendidikan Agama Islam yang komprehensif, dinamis, bermoral dan profesional.
MISI
1. Menghasilkan lulusan Sarjana Pendidikan Agama Islam yang memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global dengan melakukan reintegrasi epistemologi keilmuan.
2. Memberikan bekal moral agama dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan serta melakukan pencerahan Keimanan dan Ketaqwaan.
3. Memberikan landasan dalam meningkatkan kualitas hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. TUJUAN
1) Menyelenggarakan Pendidikan dengan mengusahakan agar pengaruh pendidikan Islam dapat meluas dan merata dalam kehidupan dunia pendidikan khususnya dan kehidupan orang seorang, masyarakat, bangsa, dan negara pada umumnya.
2) Mempersiapkan teknokrat yang cakap dan mampu serta penuh dedikasi sehingga dapat menjadi pelopor pembangunan serta bertaqwa kepada Allah Subhanahu wataala.
SASARAN
1. Agar mahasiswa memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global.
2.  Agar mahasiswa memiliki moral agama yang kokoh sebagai bekal dalam mengabdikan diri kepada masyarakat
3.  Agar mahasiswa memiliki kualitas hidup bermasyarakat yang lebih baik.
NILAI
1. Al-ikha (persaudaraan) merupakan salah satu asas utama dalam setiap kebijakan sivitas akademika.
2. Al Musyawah (persamaan), hal senantiasa ditanamkan adalah komponen sivitas akademika mempunyai kedudukan yang sama, diciptakan dari keturunan yang sama, mempunyai hak azasi dan kemerdekaan yang sama
3. Al – Tasammuh (toleransi) sivitas akademika siap ditanamkan untuk bisa hidup berdampingan dengan komunitas yang berlainan pendapat, prinsip dan kebebasan
4. Al-tasyawur (muryawarah) (surat Ali Imran ayat 159, al-Syura ayat 38), musyawarah mempunyai status yang tinggi dan terhormat dalam sivitas akademika, dalam sistim permusyawaratan tidak memandang pendapat tersebut dari siapa.
5. Al-taawwun (tolong menolong) (al-Ma'idah : 25) sivitas akademika mengedepankan tolong menolong dalam mengembangkan program studi.
Statuta Lama
cover isi Penjelasan Panduan Pembuatan Statuta Draft Statuta Baru Renstra 2009-2014 RIP STIT 1989 - 2014 Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi : Dalam rangka meningkatkan mutu komprehensif penyelenggaraan program untuk menghasilkan keluaran yang bermutu tinggi, sesuai dengan bidang ilmu Pendidikan Agama Islam. Maka visi, misi, tujuan dan sasaran program studi yang telah dirumuskan, perlu dievaluasi berdasarkan sembilan dimensi (Kelayakan (appropriateness), Kecukupan (adequacy), Relevansi/kesesuaian (relevancy), Suasana akademik (academic atmosphere), Efisiensi (efficiency), Keberlanjutan (sustainability), Selektivitas (selectivity), Pembelajarantivitas (productivity), dan Efektivitas (effectiveness) dalam rangka mewujudkan prinsip RAISE++ (Relevance, Academic Atmosphere, Institutional Commitment, Sustainability, Efficiency, Leadership, and Equity).
Masukan dari alumni
[1] praktisi, organisasi profesi (khususnya KKG PAI)
[2] Kota Mojokerto dan stakeholder lain, termasuk mahasiswa
[3], dosen dan tenaga kependidikan
[4], dalam berbagai pertemuan/seminar maupun umpan balik/kuesioner mendorong manajemen/para pimpinan untuk merumuskan kembali visi STIT Raden Wijaya dan Program Studi PAI menjadi lebih sesuai dengan perkembangan jaman dan memenuhi keinginan masyarakat. Adapun mekanisme tersebut adalah :
a. Ketua Prodi bersama tim mengevaluasi visi, misi, tujuan dan sasaran program studi berikut jabarannya kedalam seluruh kegiatan tri dharma perguruan tinggi berdasarkan pengamatan secara riil di pada sektor intern dan ekstern termasuk dari hasil wawancara yang tidak terprogram kepada segenap komponen sivitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya Mojokerto dan segenap stakeholder pemangku kepentingan Pendidikan Agama Islam di Kabupaten maupun Kota Mojokerto, serta membuat draft evaluasi visi, misi, tujuan dan sasaran program studi berikut jabarannya termasuk evaluasi kurikulum.
b. Ketua Prodi mengadakan workshop dengan topik “Perbaikan Kurikulum Program Studi sebagai upaya menyiapkan guru pendidikan agama Islam dengan kompetensi siap menghadapi persaingan global”[5] Pihak-pihak yang dilibatkan dalam penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi 
a. Pakar Kurikulum dari Kopertais Wilayah IV Surabaya[6]
b. Pakar Kurikulum dari Berbagai PTN & PTS[7]
c. Ketua Program Studi PAI dalam naungan Kopertais Wilayah IV[8]
d. Wakil Kepala SMP, MTs, SMA, MA (urusan kurikulum) di Kabupaten dan Kota Mojokerto[9]
e. Guru Pendidikan Agama Islam f. Dosen Prodi PAI STIT Raden Wijaya Mojokerto
PROGRAM STUDI
Pendidikan Agama Islam Program :Sarjana S1 Status : Terdaftar berlaku 5 tahun Tgl. SK. : 11 Maret 1989 No. SK. : 58 Tahun 1989.
 ALAMAT 
 Jl. Pekayon No.99, Kranggan, Mojokerto, Kota Mojokerto, Jawa Timur 61323
Telepon : (0321) 399224
Untuk Informasi selanjutnya dan pendaftaran silahkan tekan Email : Website :https://www.stitradenwijaya.ac.id

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Profil Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Raden Wijaya Mojokerto

  • Marwan Hakim Salim Marwan Hakim Salim