Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri

 
Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri

PROFIL
Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) adalah perubahan nama dari Universitas Islam Tribakti (UIT) Kediri yang berdiri pada tanggal 9 Muharram 1386 H. bertepatan dengan tanggal 30 April 1965 M. dan diresmikan pembukaannya oleh Menteri Agama RI. saat itu yakni Bapak Prof. KH. Syaefuddin Zuhri, pada tanggal 9 Rajab 1386 H. bertepatan dengan tanggal 25 Oktober 1966 M. dengan 2 (dua) Fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syari`ah. Demikian awal sejarah berdirinya Universitas Islam Tribakti (UIT) Kediri.

Untuk memperkuat eksistensi lembaga pendidikan tinggi tersebut pendiri UIT membentuk Badan Wakaf, tepatnya pada tanggal 4 Juli 1967 dengan dua tujuan pokok: Mengembangkan ilmu pengetahuan Islam Indonesia Membantu Universitas Islam Tribakti dan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Dalamperkembangan selanjutnya UIT Kediri mendapat status Diakuidengan SK. Menteri Agama RI. Nomor: 178 Tahun 1970 untuk dua fakultas, Syari`ah dan Tarbiyah dengan program Sarjana Muda.

Denganpertimbangan agar dapat lebih mengembangkan peranannya, maka pada tanggal 29 Maret 1988, Badan Wakaf Tribakti diadakan beberapa perubahan, antara lain: Nama berubah menjadi: Yayasan Pendidikan Islam Tribakti (YPIT) Kediri. Usaha: Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi, Universitas Islam Tribakti (UIT) Kediri. Mendirikan usaha-usaha untuk kepentingan Yayasan Sejak tanggal 8 Shofar 1409 H. bertepatan dengan 19 September 1988 UIT berubah nama menjadi Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri berdasarkan surat Kopertais Wil. IV Surabaya Nomor: 123/I/Kop. Wil IV/88 tertanggal 19 September 1988.

Pada saat terjadinya perubahan nama, dari Universitas Islam Tribakti (UIT) Kediri menjadi Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri, lembaga ini membuka lagi 1 (satu) Fakultas yaitu Fakultas Dakwah dan mengadakan Program Strata Satu untuk seluruh fakultas, sejak itu Tribakti memiliki tiga fakultas, yaitu: Fakultas Syari`ah Fakultas Tarbiyah Fakultas Dakwah Perubahan nama tersebut didasarkan pada keputusan Menteri Agama RI. Nomor: 42 tahun 1988 tentang lembaga Perguruan Tinggi Agama Swasta dan Surat Binbaga Islam di Jakarta, Nomor: E.III/PP.009/AZ/ 3041/88, tertanggal 25 Juli 1988 perihal perubahan nama PTAIS dengan PTAIN, baik pembinaan yang terkait dengan aspek akademik maupun non akademik.

Kesamaan pola pembinaan IAIT Kediri dengan IAIN yang cukup menonjol adalah dalam pembinaan kurikulum dan jenis-jenis fakultas serta jurusannya. Kurikulum Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri harus mengikuti kurikulum fakultas sejenis pada IAIN dengan tidak mengabaikan ciri khas IAIT Kediri. Demikian pula jurusan-jurusan pada fakultas di lingkungan IAIT Kediri mengambil sebagian jurusan-jurusan pada fakultas sejenis dilingkungan IAIN. Pola pembinaan tersebut, pada dasarnya mengarahkan agar IAIT Kediri tahap demi tahap memiliki bobot dan mutu yang setara dengan IAIN, sehingga lulusan IAIT Kediri berhak memperoleh penghargaan yang sama dengan lulusan IAIN.

Dengan demikian IAIT Kediri dapat melaksanakan tanggung jawabnya melalui peran sertanya dalam meneruskan, mengembangkan serta mengamalkan ilmu pengetahuan agama Islam dalam kerangka sistem pendidikan nasional. Usaha pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah mencakup bantuan, bimbingan dan penyantunan yang meliputi berbagai kegiatan perencanaan, standarisasi, pengaturan dan perizinan PTAIS baru, pengawasan, penilaian dan bantuan yang dilaksanakan terhadap lembaga maupun program.

Hal ini tidak berarti mengurangi peran dan tanggung jawab IAIT Kediri untuk berkembang dengan kekuatannya sendiri sesuai dengan ciri khas IAIT Kediri. Rupanya pola pembinaan tersebut telah menunjukkan hasilnya, buktinya ketika program studi yang dimiliki oleh ketiga Fakultas dan Program Pascasarjana seluruhnya telah mendapatkan status Terakreditasi. Dala­m rangka pelaksanaan proses belajar-mengajar,pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS) di lingkungan IAIT Kediri selalu diupayakan untuk ditingkatkan. Peningkatan tersebut mencakup kegiatan pembinaan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, serta pengabdian pada masyarakat.

Dengan demikian pada suatu saat tertentu dapat diharapkan tercapainya suatu keseimbangan bobot antara program pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat. Pelaksanaan perkuliahan di lingkungan IAIT Kediri diupayakan dapat membawa suatu pembaruan, penyempurnaan dan pengembangan yang positif pada pendidikan agama umumnya dan pendidikan di Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri pada khususnya.

Sistem Kredit Semester (SKS) ini berdasarkan pada masalah irama kecepatan belajar mahasiswa, penghargaan akan minat pada suatu mata kuliah, perbedaan tingkat kemampuan individual, kesempatan menabung kredit pint mata kuliah, memberi kesempatan untuk berprestasi lebih tinggi dan belajar lebih cepat, mengurangi penumpukan mahasiswa pada tahun terakhir, memperkecil jumlah mahasiswa drop outlantaran kadarluarsa dan masih banyak lagi manfaat lainnya, seperti efisiensi ruang kuliah, tenaga dosen dan kematangan mahasiswa karena kebiasaan belajar dan bekerja mandiri.

Perubahan sistem pendidikan tersebut, memerlukan perhatian yang serius dengan menajeman yang tepat agar berbagai dampak negatif tidak terjadi, sehingga memungkinkan tercapainya sasaran dan tujuan yang diharapkan.
B.Visi IAIT Kediri
Visi IAIT menggambarkan kondisi ideal IAIT yang ingin diwujudkan oleh seluruh sivitas akademika di masa yang akan datang. Rumusan visi IAIT adalah: ”Menjadikan IAIT Kediri Sebagai unggulan dalam bidang kajian keislaman,keindonesiaan, kepesantrenan, dan ilmu pengetahuan dalam perspektif Islam Ahlus Sunnah wal Jama’ah.”
C.Misi IAIT Kediri
Misi menjelaskan alasan eksistensi IAIT di tengah-tengah masyarakat. Misi tersebut merupakan penjabaran tri dharma perguruan tinggi yang mencerminkan bagaimana IAIT dapat berperan untuk memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan. Rumusan misi IAIT adalah:
1. Mengantarkan mahasiswa memiliki kemantapan aqidah, kedalaman spiritual dan keluhuran akhlak, keluasan ilmu pengetahuan dan kemantapan profesional berpikir dan bersikap kritis, mandiri, peduli terhadap masyarakat dan berwawasan ke depan
2. Mengantarkan mahasiswa agar dapat memanfaatkan teknologi untuk mengkaji ilmu pengetahuan
3. Mengembangkan ilmu pengetahuan Islam melalui pengkajian dan penelitian ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat
4. Memberi keteladanan dalam kehidupan atas dasar ajaran Islam dan falsafah bangsa Indonesia.
D.Tujuan IAIT Kediri
Rumusan tujuan IAIT sebagaimana tercantum pada Statuta IAIT (terlampir) adalah sebagai berikut:
1. Memaksimalkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat 2. Menghasilkan sarjana muslim yang taat kepada Allah, Rasul dan Ulil Amri serta memiliki kompetensi akademik dan professional dalam bidang ilmu agama Islam serta mampu menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat.
E.Kompetensi Lulusan IAIT Kediri yang diharapkan Kompetensi yang dapat rumuskan dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
1. Beriman, bertaqwa, berakhlak dan berkepribadian mulia mempunyai sikap ilmiah dan profesional
2. Memiliki pengetahuan tentang ilmu-ilmu keislaman secara komprehensif dan ilmu-ilmu umum.
3. Memilki ketrampilan berbahasa Indonesia, Arab dan Inggris.
4. Memiliki ketrampilan dalam berfikir, mengolah informasi, mengelola sumber daya, bekerja sama dengan pihak lain dan memanfaatkan teknologi.
PROGRAM STUDI
PROGRAM SARJANA (S-1)
1. Pendidikan Agama Islam (Gelar Akademik S.Pd.)
Program Studi yang meluluskan sarjana dengan memiliki kemampuan menjadi tenaga pengajar yang profesional (Pendidik Agama Islam) di SMP/MTs, SMA/MA, Pengelola Lembaga Pendidikan Islam, asisten peneliti.  Website: tarbiyah.iai-tribakti.ac.id
2. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ( Gelar Akademik S.Pd.)
Program Studi yang meluluskan sarjana dengan memiliki kemampuan menjadi guru kelas profesional di PGMI; Pengelola Lembaga pendidikan Islam, asisten peneliti.Website: tarbiyah.iai-tribakti.ac.id
3. Akhwal Syakhsiyyah (Gelar Akademik S.H.)
Program Studi yang meluluskan sarjana dengan memiliki kemampuan menjadi Praktisi Hukum Islam; ahli dalam bidang hisab dan rukyat; mampu dalam bidang kepaniteraan, advokasi, dan mampu beracara di pengadilan, asisten peneliti.  Website: syariah.iai-tribakti.ac.id
4. Perbankan Syari´ah (Gelar Akademik S.E.)
Program Studi yang meluluskan sarjana dengan memiliki kemampuan menjadi Praktisi Perbankan Syari´ah (Bank Syari’ah, BPRS, KSPS dsb.), Owner, Pengelola maupun praktisi Usaha berbasis Syari’ah, asisten peneliti.  Website: syariah.iai-tribakti.ac.id
5. Komunikasi dan penyiaran Islam (Gelar Akademik S.Sos.)
Program Studi yang meluluskan sarjana dengan memiliki kemampuan menjadi Juru Dakwah di masyarakat, penyuluh Kementrian Agama, penerang (BKKBN/Dinas Pemerintah), Wartawan, Penyiar Radio, Presenter TV,  Design Grafis, praktikisi komunikasi.  Website: dakwah.iai-tribakti.ac.id
6. Psikologi Islam (Gelar Akademik S.Psi. )
Program studi yang meluluskan sarjana dapat terserap dalam bidang pendidikan (tenaga Bimbingan dan Konseling, desainer dan konsultan pendidikan); Bidang Industri (manajer atau staf personalia, tenaga rekrutmen karyawan); Bidang klinis (tim psikolog rumah sakit jiwa, panti rehabilitasi, panti jompo dan pusat pendidikan anak dengan kebutuhan khusus); Bidang sosial (tim psikolog atau tenaga psikologi di kehakiman, kepolisian, militer, pondok pesantren tempat rehabilitasi sosial dan lain-lain); Bidang Psikologi Lain (tenaga di Biro Konsultasi Psikologi). Website: psikologi.iai-tribakti.ac.id
PROGRAM PASCASARJANA (S-2)
1. Pendidikan Agama Islam (Gelar Akademik M.Pd.)
Program Studi Pendidikan Agama Islam yang meluluskan Magister dengan memiliki kemampuan menjadi pemilik atau pengelola Lembaga pendidikan Islam, praktisi pendidikan Islam yang ahli dan kompeten.  Website: pasca.iai-tribakti.ac.id
2. Pendidikan Guru MI (Gelar Akademik M.Pd.)
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah yang meluluskan Magister dengan memiliki kemampuan menjadi pemilik atau pengelola Lembaga pendidikan Islam, praktisi pendidikan GURU MI yang ahli dan kompeten.  Website: pasca.iai-tribakti.ac.id
ALAMAT
Jl.KH.Wahid Hasyim 62 Kediri 64114 Jawa Timur
Phone : 0354-772879 Fax : 0354-772879
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi Web : https://iai-tribakti.ac.id dan Email : Info@iai-tribakti.ac.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.