Pesantren Serambi Aceh Kab Aceh Barat

Pesantren Serambi Aceh Kab Aceh Barat

Profil
Serambi Mekkah adalah ponpes yang berdiri sekitar tahun 1984,  beralamat di jalan tgk paya silimeng, gampong blang beurandang, kecamatan johan pahlawan, kabupaten aceh barat. Pesantren ini didirikan oleh ALM.TGK.H.M.NASIR WALY LC. Sekilas dayah ini tidak berbeda dengan dayah lain yang ada di aceh. Terutama dalam hal pembelajaran ilmu balaghah, ma'ani, bayan dan badi'. Demikian juga dalam hal ilmu ushul fiqih dari berbagai kitab islam serta ilmu mustahalah hadis, ilmu tafsir,Alqur'an,ilmu mantiq,a'rudh,serta tasawuf.

Dari dayah ini juga dikembangkan tarekat naqsyabandiyah al waliyyah.di bulan ramadhan misalnya , seluruh ahli tariqat dari berbagai daerah tumpah kedayah tersebut. Selain memperdalam ilmu agama mereka pun larut dalam ritual suluk dan tawajjuh. Ini adalah salah satu amalan tarekat naqsyabandiyah. Di dayah ini suluk diadakan 3kali dalam setahun. Yaitu setiap bulan ramadhan,dzulhijjah, dan dibulan maulid.

Saat ini ponpes Serambi Mekkah memiliki santri sekitar 500 orang putra dan putri. Ponpes serambi mekkah ini dipisah menjadi dua sisi yakni kompleks santri putra dan kompleks santri putri. Untuk fasilitas tempat tinggal bagi santri putra masih sangat tradisional yakni masih memakai Rangkang/Bilik, disini para santri dilatih untuk mandiri. Berbeda dengan kompleks santri putri yang sudah memiliki asrama. Bahkan tempat sholat jama'ahnya pun terpisah antara santri putra dan putri . Mereka melakukan sholat berjamaah di kompleks masing-masing ,yang sudah memiliki fasilitas mesjid bagi putra dan musholla bagi putri. ponpes serambi mekkah juga di falitasi dengan sekolah formal yaitu MTSS dan SMU ISLAM.

Pendidikan
MTSS dan SMU ISLAM  

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Hadrah
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha  

Alamat
  Jalan Tgk Paya Silimeng, Gampong Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

  

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.