Pesantren Tamrinatul Wildan Banyuwangi

Pesantren Tamrinatul Wildan Banyuwangi

Profil
Pondok pesantren Tamrinatul Wildan adalah tempat, dimana kita bisa menuntut ilmu agama disana. pendirinya ialah K.H.Abdul Fatah, yang bertempat tinggal di desa Cangaan, Kec. Genteng Wetan, Genteng, Banyuwangi. Desa yang awalnya dinamakan desa Bayeman, dimana desa tersebut terdapat salah satu waliyullah yaitu :KH. Ahmad Kholil. Tamrinatul Wildan dulunya adalah suatu majlis taklim, namun setelah perkembangan zaman. Pada tahun 1987 Tamrinatul Wildan menjadi Pondok Pesantren yang telah menghasilkan pemuda-pemuda yang bisa membawa dan menyebarkan agama islam pada semua kalangan. 

Pendidikan
Program Pendidikan
Pondok pesantren Tamrinatul Wildan, sebagaimana kebanyakan pesantren di pulau Jawa merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran model salafaiyah. Pengaturan kurikulumnya bersifat otonom yang tidak terikat dengan pihak lain.
1. Program pendidikan dan pengajaran di ponpes Tamrinatul Wildan terdiri dari: Madrasah Ibtidaiyah (5 tahun), Madrasah Tsanawiyah ( 3 tahun) , dan Madrasah Aliyah ,( 2 tahun ).Pada tingkat Ibtidaiyah materi yang banyak ditekankan adalah masalah akidah dan akhlak, sedangkan untuk tingkat Tsanawiyah ditekankan pada materi ilmu nahwu / sharaf dan ditambah ilmu fiqih, faroidl serta balaghah. Adapun Madrasah Aliyah merupakan pendalaman ilmu faroid, ushulul fiqh dan qowaidul fiqh. Serta ditambah dengan ilmu manteq ( ilmu logika ) dan ilmu arud ( sastra arab ).
2. Selain itu ada Majelis Bahtsul kitab Fathul Qorib dan Fathul Muin yang merupakan kegiatan bagi santri yang telah tamat Madrasah Aliah yang belum ingin boyong ke rumahnya.
3. Selain program diatas masih ada kegiatan ekstra yang harus diikuti oleh semua santri, meliputi latihan berorganisasi, baca tahlil, muhafadhah, dibaiyah, kaligrafi dll. Juga ada kegiatan bahtsul masail. Program yang terakhir ini adalah sebagai wahana untuk melatih dan mencetak kader-kader syuriyah dan tim bahtsul masail.

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurikuler
Pembinaan Tahfidz dan Tanfidz Al-Qur'an, marawis atau hadrah, Kajian kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band, pengembangan jurnalistik dan publisistik, pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan hidup/usaha.

Alamat
J. KH Ahmad Kholil Gang IV dan V Canga'an Genteng Banyuwangi 68465 Jawa Timur PO BOX 239 Telp. +62 333 844034

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.