Pesantren Azzahra Jepara

Pesantren Azzahra Jepara

Profil
Pondok Pesantren Az Zahra resmi didirikan dan menyerahkan pengelolaan serta kepemimpinan pondok pesantren kepada putra ke-empat Hj. Zuhro, yaitu K.H. Nur Kholiq Ma’ruf. Langkah pertama sang pengasuh yaitu memohon ijin dan petunjuk kepada sang guru Hadrotusy Syaikh Sayyid Maliki Al Maliky Al Makky, sehingga untuk beberapa lama beliau kembali ke tanah suci Makah Al Mukarromah untuk memohon restu dan berkah ziyadah do’a dalam mengemban amanah pondok pesantren.

Setelah K.H. Nur Kholiq Ma’ruf kembali ke tanah air, beliau langsung menuju ke kediaman kiyai beliau Hadrotusy Syaikh K.H. Maimun Zubair, pengasuh Pondok Pesantren Sarang Rembang dengan tujuan yang hampir sama dengan perjalanan ke Makkah. Sang kiyai pun dengan tulus memberi ijin serta tak lupa wejangan sebagai pegangan untuk sang pengasuh muda yang pernah nyantri kepada Sayyid Muhammad Al Maliky Al Makki selama 25 tahun.

Yayasan Az Zahra berlokasi di Jl. Raya Jepara – Bangsri Km. 12, desa Sekuro RT. 01 RW. 01, kecamatan Mlonggo, kabupaten Jepara. Yayasan Az Zahra berdiri pada tahun 2004 dengan nama Persatuan Badan Hukum (PBH) Az Zahra, sesuai akte notaris nomor 15 tanggal 21 Juni 2005 dan Nomor NPWP: 02 377 843 4-506.000.

Maksud dan Tujuannya adalah harapan ke depan yayasan tersebut dapat berkembang menjadi satuan-satuan lembaga pendidikan dan kemasyarakatan yang memiliki status secara legalitas hukum positif di Indonesia, demi dapat terjaganya kensistensi lembaga dalam berkhidmah kepada masyarakat. Istilah PBH juga menjadi penghambat dalam kelancaran proses birokasi. Oleh sebab itu, melalui musyawarah bersama antara KMB dan PBH. Az Zahra, pada tahun 2009 istilah PBH diganti dengan Yayasan melalui akte notaris dengan nomor 08 tanggal 20 Oktober 2009 dan Nomor NPWP: 02 377 843 4-506.000. 

Pendidikan
Pendidikan Formal :
1. SMP
2. SMK    

Pendidikan Informal :
Madrasah Diniyah

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan. 

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Keorganisasian
IPNU/IPPNU, PMR, Paskibra, Pramuka

Alamat
Jl Jepara Bangsri Km. 12 Sekuro Mlonggo Jepara 59452
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi http://azzahra.or.id

                    

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.