Pesantren Miftahul Huda Kroya Cilacap

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Miftahul Huda Kroya Cilacap

Profil

Seperti kebanyakan pesantren, Pondok Pesantren Miftahul Huda Kroya juga memiliki sejarah perjalanan yang panjang.  Meski diresmikan pada 1960-an, namun cikal bakal pesantren ini telah bermula pada masa sebelum kemerdekaan. Embrio pesantren ini berasal dari dua buah asrama sederhana dan sebuah mushola kecil di sebelah selatan stasiun Kroya yang dirintis oleh KH. M. Minhajul Adzkiya.

Tidak diketahui dengan pasti tarikh pendirian pesantren tersebut. Sejauh yang bisa diingat, pesantren tersebut telah ada pra Kemerdekaan. Meski demikian, jumlah santri pada masa awal ini mencapai  200 orang yang berasal dari wilayah Kroya dan sekitarnya. Sayangnya, sebelum sempat berkembang lebih jauh, pada masa Aksi Militer Belanda II (Clash II), Kyai Adzkiya, para santri, dan beberapa warga terpaksa mengungsi.

Awalnya, beliau mengungsi ke wilayah Ngasinan, sebuah wilayah di Kebasen, Kabupaten Banyumas, dan kemudian ke Rawaseser, dusun kecil yang merupakan bagian dari Desa Mujur Lor, kecamatan Kroya. Di tengah kesulitan hidup sebagai pengungsi, Kyai Adzkiya tetap istiqomah mengajar para santri yang mengiringi beliau. Ketika kondisi telah aman Pasca Clash II, Kyai Adzkiya dan para santrinya kembali ke Kroya dan mendapati pesantrennya telah rata dengan tanah. Sekali lagi, Kyai Adzkiya harus pindah.

Dan, tempat yang kali ini dituju adalah Kauman, Kroya. Selama beberapa waktu Kyai Adzkiya tinggal di Kauman, Kroya, mengajar santri  sembari menjadi pimpinan Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Kroya hingga kemudian harus pindah lagi ketika diminta untuk memimpin Pengadilan Agama di Kabupaten Wonosobo. Di Wonosobo, Kyai Adzkiya tinggal hingga tahun 1962 seiring dengan datangnya masa pensiun.

Selepas pensiun, Kyai Adzkiya kembali ke Kroya dan kali ini beliau tinggal di wilayah Semingkir, Bajing Kulon. Pada tahun 1960-an, bersama dengan beberapa kolega kyai lainnya, di antaranya KH. Munawir al-Hafidz, Kyai Adzkiya kembali merintis pesantren yang hingga saat ini dikenal dengan nama Pesantren Miftahul Huda. Sepeninggal kiai Adzkiya, pondok pesantren Miftahul Huda diasuh secara berturut-turut oleh KH. Tarmidzi Affandi, KH. Zainuddin, KH. Hamam Adzkiya, KH. Suíada, dan H.j Mas’adah Machali untuk pondok pesantren putri al-Hidayah.

Saat ini, pondok pesantren Miftahul Huda diasuh oleh putra KH. M Minhajul Adzkiya yang egaliter, tetapi tetap tegas, yaitu KH. Hamam Adzkiya, KH. Suíada Adzkiya, dan Hj Masíadah Machali, juga KH. Mudatsir Mughni yang, dibantu oleh para pengurus dan dewan asatidz.

Lebih kurang 75% santri mengikuti pendidikan formal baik SD, SLTP, dan SMA/SMK yang diselenggarakan oleh Yayasan Miftahul Huda Kroya dan di luar yayasan, seperti SMP Negeri, SMA Negeri, MAN, dan lain-lain. Sebanyak 25% lainnya, khusus mendalami kajian ilmu-ilmu keagamaan masuk di dalam Halaqah Diniyah, yang terdiri atas kelas persiapan (Iídad), kelas satu, dua, dan kelas tiga.Kurikulum pesantren disusun berdasarkan kebutuhan dan tingkat kemampuan santri. Tetapi pesantren memberikan kebebasan kepada seluruh santri, untuk bereksplorasi sendiri, dengan memanfaatkan perpustakaan yang tersedia. 

Sejarah
Pondok Pesantren Miftahul Huda Kroya merupakan lembaga pendidikan yang telah berdiri secara resmi sejak tahun 1960an yang didirikan oleh bapak KH. M. Mihajul Adzkiya. Pada awal mula dalam perintisan sebuah pesantren terdapat dua kamar asrama dan sebuah langgar yang digunakan sebagai tempat menuntut ilmu keagamaan yang berada di selatan stasiun Kroya pada waktu itu.

Beliau bersama dengan KH. Tarmidzi Affandi, KH. Zainuddin, KH. Hamam Adzkiya, KH. Suiada dan HJ. Mas'adah Machali untuk dapat bersama membangun Pondok Pesantren Miftahul Huda Kroya. 

Dengan perkembangan dan kemajuan pesantren sampai saat ini kepemimpinan pondok pesantren diamanahkan oleh KH. Minhajul Adzkiya bersama KH. Hamam Adzkiya, KH. Suiada Adzkiya, KH. Mudatsir dan HJ Masiadah Machali beserta dibantu oleh para dewan asatidz dan pengurus pesantren.

Pondok Pesantren Miftahul Huda memiliki dua jenjang pendidikan yakni pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formal pesantren meliputi : Sekolah Dasar (SD), SMP (Sekolah Menengah Pertama), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Pendidikan non formal pesantren meliputi : Program tahsin quran, ta'lim quran, murotal, tahfidz quran, kajian kitab, pengajian rutinan dan lainnya
Fasilitas yang tersedia dalam pesantren meliputi gedung sekolah, gedung pesantren, masjid, lapangan, koperasi, perpustakaan, laboratorium (bahasa dan komputer), gudang, klinik, kantor, mck/wc dan fasilitas tersedia lainnya. 

Pondok Pesantren Miftahul Huda memiliki berbagai macam kegiatan ektrakurikuler antara lain yaitu kajian kitab kuning, tahfidz quran, bahasa arab dan inggris, penelitian, pramuka, olahraga, drumband, marawis, pencak silat, jurnalistik, wirausaha, keterampilan dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Pondok Pesantren Miftahul Huda beralamat di Jalan Cenderawasih, Bajing Kulon, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pendiri
KH. M. Minhajul Adzkiya.

Pengasuh
1. KH. M. Minhajul Adzkiya
2. KH. Munawir al-Hafidz
3. KH. Tarmidzi Affandi
4. KH. Zainuddin 
5. KH. Hamam Adzkiya
6. KH. Suíada
10. Hj. Mas’adah Machali

Pendidikan

Pendidikan Formal
1. SD
2. SLTP
3. SMA
4. SMK

Pendidikan Non Formal
1. Tahsin Al Qur'an
2. Ta'limul Qur'an
3. Murottal
4. Tahfidz
5. Kajian Kitab
6. Pengajian Rutinan

Ekstrakurikuler

1. Kajian Kitab Kuning
2. Tahfidz Qur'an
3. Bahasa Arab dan Inggris
4. Penelitian
5.  Pramuka
6. Olahraga
7. Drumband
8. Marawis
9. Pencak Silat
10. Jurnalistik
11. Wirausaha
12.  Keterampilan


Baca Al Qur'an di pesantren Miftahul Huda


Hadrah di pesantren Miftahul Huda

 

Fasilitas

Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

gedung sekolah, gedung pesantren, masjid, lapangan, koperasi, perpustakaan, laboratorium (bahasa dan komputer), gudang, klinik, kantor, mck/wc


Gedung pesantren di pesantren Miftahul Huda


Gedung sekolah di pesantren Miftahul Huda

Alamat

Jl. Merak No. 30, Semingkir, Bajing Kulon, Kroya, Kab. Cilacap - Jawa Tengah
Kode Pos: 53282
Telepon:  0813-9075-1800

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini: Pesantren Miftahul Huda Kroya

KUNJUNGI JUGA

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.