Pesantren Assalam Pontianak

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Assalam Pontianak

Profil

Pondok Pesantren Assalam berdiri diatas tanah wakaf seluas + 3 Ha. Sebuah kawasan yang tak jauh dari jantung Kota Pontianak. Berangkat dari kesadaran bahwa kepesatan Iptek tanpa dibarengi pemenuhan rohani akan berdampak degradasi moral disatu sisi, dan rentannya generasi akan terjerumus pada jurang kebinasaan.

Sebagai lembaga Pendidikan Islam, Pesantren Assalam yang berdiri sejak tahun 1982, lahir dari sebuah komitmen lahirnya generasi yang sholeh dan sholehah, intelek dan brilian, dan kelak kiprahnya dapat dijadikan sebagai jembatan antara pengembangan da’wah Islam secara menyeluruh dan pemenuhan hasrat umat dikawasan yang secara geografis sangat luas dan minim tersentuh syiar agama yang notabene sangat diharapkan oleh komunitas umat di daerah ini, dan Kalimantan Barat pada umumnya.

Kondisi fisik bangunan pesantren As-salam saat ini menggunakan struktur semi permanen, dengan fasilitas yang dimiliki berupa gedung pengelola, madrasah, masjid, dan asrama. Berdasarkan pengamatan kondisi di lapangan pesantren As-salam saat ini, kondisi asrama santri dan santriwati yang ada saat ini tidak memenuhi kapasitas yang ada.

Jumlah santri di sini berjumlah 200 santri/wati, terdiri dari 120 santri dan 80 santriwati. Fasilitas kamar yang dimiliki berjumlah 26 kamar, 20 kamar santri dan 6 kamar santriwati, dengan luas ruangan asrama santri dan santriwati 8 x 4 meter perkamar. Asrama santri dihuni oleh 7 santri perkamar sedangkan asrama santriwati dihuni 15 santriwati perkamar. Ruang kelas yang ada di dalam pesantren digunakan sebagai ruang asrama untuk mengatasi permasalahan kekurangan jumlah kamar.

Santri yang berdomisili di sekitar pesantren diperolehkan untuk pulang sehingga, hal ini sudah tidak sejalan dengan tujuan pesantren As-salam yaitu pembinaan secara optimal dan berkesinambungan oleh Kyai pimpinan Pondok Pesantren As-salam dalam satu kawasan pesantren. Sarana air bersih yang digunakan untuk fasilitas wudhu di masjid menggunakan air parit yang ada di tengah kawasan pesantren dengan kondisi air yang kurang baik, sehingga banyak santri yang merasa kurang nyaman dengan kondisi tersebut.

Pembangunan yang ada pada saat ini di pondok pesantren As-salam berdasarkan kebutuhan yang ada tanpa perencanaan dan penataan yang baik didalam kawasan pondok pesantren As-salam. Dibutuhkan perancangan di dalam kawasan pondok Pesantren As-salam yang dapat menampung aktifitas santri dan santriwati dengan baik, dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pendukung yang dibutuhkan bagi para santri dan santriwati dalam proses pembelajaran ilmu agama, ilmu pengetahuan dan sarana pendidikan kewirausahaan bagi para santri.
Pengasuh
KH. Zainuddin Ahmad

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. SD
2. SMP
3. MA
3. Madrasah Diniyah: Tingkat Tamhidiyah (Dasar)
                                Tingkat "Idadiyah (<menengah)

Ekstrakurikuler

Pesantren Assalam memiliki ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Muhadharoh ( Latihan ceramah & Khutbah )
2. Pengajian kitab kuning
3. Qira'atul Qur'an/Tajwid
4. Tahfizhul Qur'an
5. Rebana
6. Drum Band
7. Pencak silat
8. Fardhu Kifayah
9. Les B.Arab dan B.Inggris
10. Tata Boga ( Khusus kelas 3 SMP dan MA )

Pengajian rutin di pesantren Assalam

Pelatihan pertanian sayuran hidroponik di pesantren Assalam

Fasilitas

Pesantren Assalam memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Gedung serba guna
2. Komputer, Perpustakaan, Laboratorium
3. Sarana Olahraga
4. Asrama/Tempat Tidur
5. Catering
6. Kantin
7. Poskentren As-salam ( Pos Kesehatan Santri/wati )


Masjid di pesantren Assalam


Gedung pesantren di pesantren Assalam

Alamat

Jalan Husein Hamzah, Pal Lima, Kec. Pontianak Barat, Kota Pontianak Prov. Kalimantan Barat
Kode Pos:
78244
Telepon: (0561) 6783849, 0852-4553-4033, 0856-5080-8196, 0857-5360-5810

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.