Profil Pesantren LM3 An-Nawawiyah Majalengka

Profil Pesantren LM3 An-Nawawiyah Majalengka

Bermula berupa bangunan musholla yang dibangun oleh Almarhum Bapak H. Abdussalam (meninggal tanggal 02 Juli 1950) yang difungsikan sebagai tempat pengajian anak-anak.Pengajian sempat terhenti pada masa revolusi untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, karena keamanan dan kekosongan tenaga pengajar dan putra-putri Bapak H. Abdussalam yang dapat diandalkan saat itu meninggal mendahului beliau.

Pada tahun 1968 pengajian anak-anak dirintis kembali oleh Bapak H. Abdul Fattah H.S. (almarhum) yang waktu itu masih menjabat Kepala Desa Kawunggirang. Adapun tenaga pengajarnya adalah K.H. Anwar Yusuf atas bimbingan K.H. Ahmad Nawawi (meninggal pada tanggal 02 Juli 1975) yang juga putra Bapak H. Abdussalam. Dalam rangka membina kehidupan beragama dan pengembangan pengajian agama, maka dibuka pengajian routin / majlis ta’lim.

Pada tahun 1976 dibuka Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang mula-mula menumpang di Gedung SDN Kawunggirang, yang selanjutnya pada tahun 1977 dibangun Gedung Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang permanen dengan Kepala Madarasah yang pertama yaitu Drs. H.Z. Abidin Hasbari.Pada tahun 1983 dalam rangka menampung hasrat masyarakat terhadap pembinaan akhlaqul karimah bagi anak-anak generasi muda penerus bangsa, maka dibangunlah pondok pesantren khusus untuk santri putra dan pada tahun 1986 dibangun asrama untuk santri putri.

Dalam rangka membenahi organisasi penyelenggara yang bergerak dalam bidang pendidikan, maka dibentuk yayasan yang berbadan hukum, terdaftar pada notaris Ahmad Suseno, SH di Majalengka dengan akta notaris nomor : 08 tahun 1986 tanggal 24 Juni 1986 dengan nama YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ‘DARUSSALAM’. Pada tahun 1986 dibuka Madrasah Diniyah Awaliyah untuk menampung siswa SD dalam rangka memperdalam pendidikan agama yang telah diberikan di SD.

Pada Tahun Ajaran 1990/1991 dibuka Madrasah Aliyah (MA) dengan menggunakan bangunan baru yang diresmikan oleh Bupati Kabupaten Majalengka Drs. H. Moch. Djufri Pringadi, SH (almarhum) pada tanggal 28 September 1992. Selanjutnya, Madrasah Aliyah pindah ke bangunan baru yang terletak di pinggir jalan raya, dibangun di atas tanah wakaf dari Ibu Hj. Neneng Siti Murbiyah bt Hj. Uswaci bt Sastrawijaya bin H. Abdurrauf bin Embah Raksawijaya.

Pada Tahun Pelajaran 1998/1999 dibuka pendidikan anak Pra Sekolah Raudhatul Athfal (RA). Pada 18 Desember 2000 didirikan LM3 An-Nawawiyah yang tumbuh dan berkembang di masyarakat dengan kegiatan peningkatan gerakan moral melalui kegiatan pendidikan dan keterampilan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada tahun 2006 dibuka Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
PIMPINAN LEMBAGA
1. Pimpinan Pondok Pesantren dan Perguruan :       Drs. K.H.Z.A. HASBARI
2. Pengasuh Pondok Pesantren                                        :       Drs. H. ASEP SAHIDIN S., M.Pd.
Pendidikan
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Kegiatan pendidikan dipolakan dalam pendidikan formal dan non formal atau pendidikan sekolah dan luar sekolah. Dalam rangka penyelenggaraan pendidikan formal dibuka :
1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
2. Raudhatul Athfat (RA) – setingkat TK
3. Madrasah Diniyah
4. Madrasah Tsanawiyah (MTs) – setingkat SMP
5. Madrasah Aliyah (MA) – setingkat SMA dengan menggunakan Kurikulum Departemen Agama ditambah muatan lokal berupa pendalaman ilmu-ilmu agama, antara lain Bahasa Arab dan Pengajian Kitab Kuning.
Dalam rangka penyelenggaraan pendidikan agama di Pondok Pesantren dengan tema sentral :
1. Pelajaran ilmu-ilmu agama dan ilmu alat (Bahasa Arab) dengan mempelajari kitab-kitab kuning dengan metoda sorogan, balaghan mudzakarah.
2. Pendidikan Al-Qur’an meliputi Qiroat, Tahfidz, Tafsir, dan Khot.
3. Pengembangan pendidikan keterampilan dalam rangka membekali siswa-siswi serta santri untuk dapat hidup mandiri dan berwiraswasta berupa keterampilan jahit-menjahit, memasak, dan menyulam bagi santri putri serta elektronik dan pertanian bagi santri putra.
Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
 2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha
Keorganisasian
-IPNU/IPPNU
-OSIS
-PMR
Alamat
JL. Kyai Haji Ahmad Nawawi, Kawunggiran, Majalengka, Kawunggirang, Kec. Majalengka, Kabupaten Majalengka 45411
Telepon: (0233) 8285635
 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.