Profil Pesantren Zumrotul Muttaqien Sumedang

Profil Pesantren Zumrotul Muttaqien Sumedang

Pondok Pesantren Zumrotul Muttaqien berada di Kampung Padasuka Desa Situraja Utara, Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang Jawa Barat, didirikan pada sekitar tahun 1990 oleh KH Muhammad Kholil Berawal dari dirintisnya berbagai majlis ta’lim dan pengajian-pengajian di sekitaran Kec. Situraja dan Kec. Cisitu oleh KH Muhammad Kholil sejak tahun 1984, serta disaat yang bersamaan kala itu dimulainya kegiatan Pesantren Kilat pada setiap libur panjang, maka didirikanlah Pondok Pesantren Zumrotul Muttaqien.

Pada saat tersebut KH Muhammad Kholil sudah membina hampir empat puluh majlis taklim dan pengajian rutin yang beliau tangani langsung. Dan setiap digelar Pesantren kilat di rumah beliau, selalu diikuti oleh ratusan santi dari seluruh pelosok Situraja dan Kabupaten Sumedang, bahkan dari luar Provinsi Jawa Barat.  Malah, KH Muhammad Kholil pernah mendapatkan penghargaan sebagai Pengelola Pesantren Kilat dengan peserta terbanyak se Kabupaten Sumedang yang mencapai lebih dari lima ratus peserta.
 
Melihat animo masyarakat akan keberadaan tempat mengaji khususnya bagi para anak-anak, maka di belakang rumah KH Muhammad Kholil dibangunlah madrasah yang kelak akhirnya direnovasi menjadi asrama pusaka dan aula utama Pondok Pesantren.
Seperti yang diperkirakan sebelumnya, animo masyarakat terhadap keberadaan pesantren ternyata cukup tinggi. Terbukti sudah ratusan alumni yang sudah belajar di Pondok Pesantren Zumrotul Muttaqien, dan saat ini sekitar dua ratus santri masih menimba ilmu di Pondok Pesantren Zumrotul Muttaqien.
Pendidikan
 Pendidikan Formal: 
RA
MTs
SMA
Pendidikan Informal: 
Madrasah Diniyah
Tahfidz Alqur'an
Majelis Taklim
Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga 8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha
Keorganisasian
–IPNU/IPPNU
Alamat
Kampung Padasuka Desa Situraja Utara, Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang
 
 
 
 
 
 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.