Profil Pesantren Bustanul Wildan Sumedang

Profil Pesantren Bustanul Wildan Sumedang

Pondok pesantren merupakan salah satu pendidikan formal yang sangat menitik beratkan pada pendidikan keagamaan. Bustanul Wildan adalah salah satu pondok pesantren yang masih melestarikan sistem salafiyah dalam pembelajaran maupun keseharian di pondok tersebut. Pondok salafiyah ini terkenal  dengan kesederhanaannya dan kitab kuningnya.Pondok pesantren Bustanul Wildan yang terletak di Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang ini didirikan pada 16 Februari 2000. Pendiri dari pondok pesantren ini adalah H. Agus M Gaos bersama rekan rekannya.

Pada tahun 2008 pondok pesantren ini resmi menjadi Yayasan Pendidikan Islam yang berbadan hukum.Latar belakang didirikannya pondok pesantren ini adalah karena pasa masa itu khususnya di wilayah Pamulihan masih susah menemukan seorang ustadz karena jumlahnya yang tidak banyak. Pendirian pondok pesantren ini diharapkan akan menjadi prasarana bagi masyarakat dan mencetak para ahli agama.Kepengurusan Yayasan Pendidikan Islam ini terdiri dari Ketua Yayasan yang dikelola oleh H. Harjo Gandana dan pembina Yayasan dipegang langsung oleh pendirinya H. Agus  M Gaos.

Tempat yang kini dijadikan lokasi pondok pesantren pada awalnya adalah tanah pribadi milik H Agus M Gaos , namun seiring berjalannya waktu sebagian dari tanah terebut kini sudah diwakafkan ke Yayasan Pendidikan Islam Bustanul Wildan.Santri yan masuk ke pondok pesantren ini tak hanya orang sekitar wilayah pamulihan saja. Ada santri luar Jawa juga yang bergabung menuntut ilmu di pondok Bustanul Wildan. Santri yang paling jauh wilayah asalnya adalah dari Jambi. Hal ini menggambarkan bahwa ruang lingkup Bustanul Wildan tidak hanya sekedar di wilayah Pamulihan saja.
Pendidikan
Pendidikan Formal: 
SMP
Madrasah Aliyah
Pendidikan Informal: 
Madrasah Diniyah
Tahfidz Alqur'an
Majelis Taklim
Mujahadah
Pesantren Kilat
Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha
Alamat
Cikeuyeup, Ciptasari, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45365
Telepon: 0853-1415-5493

 
 
 
 
 
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.