Profil Pesantren Al-Muhajirin 3 Purwakarta

Profil Pesantren Al-Muhajirin 3 Purwakarta

Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 atau sering disebut Al-Muhajirin Kampus 3 merupakan lembaga pendidikan Islam berbasis bahasa (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris). Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 berlokasi di Citapen Desa Sukajaya Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41167, Indonesia. Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 berdiri sejak tahun 2013 yang diawali dengan pembangunan sebuah masjid oleh Bapak H. Bambang Soeroso (Alm) yang menjadi pusat ibadah masyarakat sekitar dan para pendatang.

Semenjak tahun 1995 mesjid ini menjadi sangat ramai, karena banyaknya pendatang yang sengaja beristirahat, bahkan para peziarah yang akan berziarah ke Sempur sering menginap di masjid ini. Kegiatan Pengajian juga sudah berjalan lama, termasuk kegiatan Shalat Jum'at dan Shalat 'Ied. Mengingat animo masyarakat yang begitu besar terhadap kegiatan keagamaan di masjid ini dan mereka sangat membutuhkan lembaga pendidikan formal dan pesantren, maka pada tahun 2012 Bapak H. Bambang Soeroso (Alm) mewakafkan komplek masjid, perumahan dan sebagian tanahnya kepada Pondok Pesantren Al-Muhajirin melalui Bapak DR. KH. Abun Bunyamin, MA.

Maka pada tahun 2013 didirikanlah Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 dengan pendidikan formal SMP (SMI), kemudian tahun 2016 dibuka SMK Jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) dan Jurusan Perbankan Syariah (PBS). Dan pada Tahun Ajaran 2018-2019 dibuka Madrasah Aliyah (MA) Jurusan Keagamaan yang akan mempelajari dan mengkaji ilmu-ilmu keislaman secara mendalam. Pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan kurikulum pesantren berbasis kitab kuning dan bahasa dengan kurikulum sekolah berstandar nasional. Semua santri diwajibkan tinggal di Asrama dengan program pembinaan berupa pembiasaan Shalat Berjamaah, Shalat Dhuha, Puasa Sunat, Dzikir Pagi dan Sore, Kajian Kitab Kuning, Percakapan Bahasa Arab dan Inggris serta Tahsin dan Tahfidz Al-Quran.  
PendiriDR. KH. Abun Bunyamin
Pengasuh Asrama Putera: KH. Anang Nasihin, M.Ag
Pengasuh Asrama Puteri: Hj. Kiki Zakiah Nuraisyah, S.Si 
Visi:
Terwujudnya komunitas umat yang sholeh, cerdas, terampil dan mandiri.
Misi:
Mencetak Mu'min Sholihin, Imam Al-Muttaqin dan Ulama Al-Amilin.
Motto:
Berfikir Dinamis, Berakhlaq Salaf, Beraqidah Ahlu Sunnah wal Jamaah
Program Pesantren:
1. Pembiasaan Shalat Fardlu Berjamaah
2. Pembiasaan Shalat dan Puasa Sunat
3. Penguasaan Sains dan Teknologi
4. Pengkajian Ilmu-ilmu Agama melalui Kitab Salaf

5. Penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
6.Tahsin dan Tahfidz Al-Quran

Pendidikan
Pendidikan Formal: 

SMP Al-Muhajirin 3 SMK Al-Muhajirin
MAK Al-Muhajirin-Jurusan Keagamaan  
Pendidikan Informal:
 
Madrasah Diniyah Tahfidz Alqur'an
Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning 
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha
Keorganisasian
-OSIS
-Pramuka
-PMR
Alamat
Citapen, Desa Sukajaya, Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta 41167Alamat:Citapen, Desa Sukajaya, Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta 41167 Jawa Barat Indonesia Telepon:0877-7867-8910 | 0878-7993-3300 | 0878-7979-4468 | 0878-7976-8484 E-Mail:info@muhajirin3.com | ponpes.almuhajirin3@gmail.com