Profil Pesantren Darul Hidayah Runting Pati

Profil Pesantren Darul Hidayah Runting Pati

Profil
Yayasan Pendidikan Islam Darul Hidayah (YPIDH) Runting adalah salah satu yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan, dakwah, ekonomi dan sosial keagamaan di Pati. Cikal bakal yayasan ini berasal dari Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyah Al-Huda yang didirikan pada kamis pon 10 Syawal 1379 H. / 7 April 1960 M. yang diinisiator sekaligus didirikan oleh K.H. Muhammadun bin Daiman. Seiring perkembangan zaman, pada Selasa pahing 11 Muharram 1402 H. / 17 Nopember 1981 M. K.H. Muhammadun bin Daiman mendirikan YPIDH sebagai naungan dari (yang membawahi) Madrasah Diniyah Al-Huda. Secara resmi, yayasan ini disahkan di depan Notaris, Imam Sutarjo, SH. dengan akte notaris No. 47. Guna mengembangan lembaga pendidikan yang berbasis pada Islam, pada tahun 1982  KH. Muhammadun bin Daiman mendirikan pondok pesantren sesuai dengan nama yayasan, yaitu Pondok Pesantren Darul Hidayah.

Pondok pesantren ini pada awalnya khusus menampung para siswa sekolah menengah umum (SMU) di sekitar kota Pati. Selanjutnya, Pada tahun 1984 YPIDH mendirikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Wahid Hasyim Pati. SMA ini telah mendapat persetujuan pendirian dari bidang pendidikan menengah Umum Kanwil Depdikbud Jawa Tengah dengan nomor Surat Persetujuan: 19/5.03.S/M.84, tertanggal 19 Mei 1984. Sementara pada tahun 1980, karena masukan dari berbagai pihak, Madrasah Diniyah Al-Huda diubah statusnya menjadi Sekolah Dasar Islam (SDI) Al-Huda. Setelah itu, pada tahun 2010 YPIDH mendirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Wahid Hasyim.

Nama ini disesuaikan dengan nama lembaga pendidikan SMA yang telah ada. Dan pada tahun 2015 YPIDH mendirikan Taman Pendidikan Qur’an TPQ Al-Huda. Dengan begitu sekarang (2016) YPIDH mengelola satu lembaga informal Pondok Pesantren Darul Hidayah dan tiga lembaga formal, yaitu pendidikan dari SDI Al-Huda, MTs Wahid Hasyim dan SMA Wahid Hasyim. Selain mengelola lembaga pendidikan YPIDH juga memiliki lembaga ekonomi-sosial seperti Koperasi Simpan Pinjam Syariah (KSPS) Astagina, Koperasi Darul Hidayah, Warung Makan Runting, Cuci Mobil Runting dan Catering Manna Salwa dan lembaga Agama seperti Jamiyyah Tariqah Syadaliyyah, Ratibul Haddad dan Dzikra Maulid Nabi.
Visi dan Misi
Visi

Menjadi lembaga berbasis Islam Ahlussunan Waljamaah yang unggul dalam bidang pendidikan keagamaan dan ilmu pengetahuan dan teknologi.  
Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu dan relevan untuk pengembangan ilmu agama, sains dan teknonlogi dan bahasa Asing.
2. Membentuk lembaga agama, ekonomi dan sosial yang mampu menopang kegiatan pendidikan secara profesional berbasis teknologi.
3. Mewujudkan budaya tata pengelolaan kelembagaan profesional berbasis teknologi. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam skala regional, nasional, dan internasional;
Pendidikan
Pendidikan Formal
1. SD Wahid Hasyim
2. MTs Wahid Hasyim
3. SMA Wahid Hasyim

Pendidikan Informal
1. TPQ Al-Huda
2. Kepesantrenan

Fasilitas
Masjid, pesantren, asrama, kantor, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, aula, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, praktekum bengkel, gedung teater, minimarket, lap. futsal, lap. volley, lap. basket, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha
Keorganisasian
–IPNU/IPPNU
Alamat
Jl. Pati-Tayu Km.04 Ds. Tambaharjo (Runting) Pati

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.