Profil Pesantren Darul Falah Pati

Profil Pesantren Darul Falah Pati

Perguruan Islam Darul Falah(PIDF) berdiri pada tahun 1983. Sejarah mencatat, Darul Falah berdiri atas inisiatif tokoh agama di Desa Sirahan. Dahulu kala Desa Sirahan memiliki seorang ulama yang pandai ilmu agama, namanya K. Abdul Hamid. Beliau banyak didatangi para manusia yang “haus” dengan ilmu agama, hingga akhirnya beliau mendirikan sebuah pondok pesantren sederhana yang dikelola oleh tokoh-tokoh agama di Desa Sirahan, di antaranya adalah KH. Abdullah Faqih, KH. Ahmad Zein Faqih, KH. Ali Mahmudi, KH. Umar Muslim (Alm), H. Abdul Muhid Zuhdi SH, serta KH. Abdul Salam (Alm).

Darul Falah berarti rumah kemenangan, yakni tempat membentuk pribadi seorang “pemenang”, pemenang di dunia dan akhirat. Hingga saat ini, yayasan yang dipimpin oleh K. Syamsuddin Sukahar, BcHk ini tak hanya memiliki satu ponpes saja, tetapi berkembang menjadi lima. Masing-masing adalah Darul Falah (putra), Nurul Huda (putra-putri), Maslakul Quran (putri), Nurul Falah (putra-putri), dan Yanbu’ul Falah (putra). Adapun Pondok Pesantren Darul Falah (PPDF) sendiri dipimpin oleh KH. Ahmad Zein Faqih.

Seiring perkembangan zaman, Pondok Pesantren Darul Falah (PPDF) memiliki banyak santri dari berbagai penjuru tanah air, dari berbagai kota di Pulau Jawa hingga dari luar Jawa. Seperti dari Kabupaten Pati, Jepara, Kudus, Blora, Tuban, DKI Jakarta dan Bekasi. Dari luar Pulau Jawa seperti dari Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Selatan, Lampung, dan lain-lain. Mereka datang menuntut ilmu di PIDF, yang umumnya para ustadznya adalah jebolan Ponpes di Sarang, Rembang dan Tegal Rejo, Magelang. Ponpes Darul Falah terintegrasi dengan madrasah, sehingga kegiatan yang ada di Ponpes ini dapat membantu kesuksesan kegiatan madarasah. Misalnya hafalan wajib nadhom Alfiyah bagi seluruh siswa di madrasah.

Selain itu, PPDF merupakan pesantren salaf yang mengadopsi pendidikan dari Ponpes Kulon Banon Pati dan Muhadloroh Al-Anwar Sarang, sehingga banyak mengkaji kitab-kitab kuning. Namun, karena tuntutan zaman Ponpes Darul Falah kini telah membekali santrinya dengan pengetahuan umum dan teknologi.  
Pendidikan
 Formal:
1. MI
2. MTs
3. MA
4. RA/TPA
 Informal:
1. Kepesantrenan
2. Madrasah Diniyah
Fasilitas
Masjid, pesantren, asrama, kantor, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, aula, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, praktekum bengkel, gedung teater, minimarket, lap. futsal, lap. volley, lap. basket, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha
Keorganisasian
IPNU/IPPNU 
OSIS
Alamat
 Sirahan, Cluwak, Kabupaten Pati, 29157

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.