Profil Pesantren Pomosda Nganjuk

Profil Pesantren Pomosda Nganjuk

Pesantren Pomosda merupakan salah satu pesantren modern tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1880 M yang didirikan oleh KH. Hasan Ulama. , yang berlokasi di jalan Wachid Hasyim No. 304 Tanjunganom, Nganjuk, Jawa Timur.Pesantren ini telah berubah nama hingga tiga kali dari Pesantren Takeran Magetan lalu Pesantren Sabill Muttaqien (PSM) dan terakhir bernama Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa atau disingkat Pomosda Nganjuk.Pesantren Pomosda Nganjuk memiliki pendidikan formal yang terdiri dari SMP, SMA, dan STT dan pendidikan Informal: Kepesantrenan, Madrasah Diniyah, dan TKQ/TPQ.Pesantren ini juga memiliki fasilitas umum lainnya seperti masjid, asrama santri, gedung sekolah, dan sebagainya.Secara fisik mungkin sama, para santri bersekolah dalam sistem pendidikan formal, setiap pagi berangkat dan akan kembali saat waktu bersekolah setelah usai.

Namun bukan hanya bersekolah saja, di Pomosda ini santri dibekali berbagai macam ketrampilan yang berguna baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Ketrampilan tersebut terwadahi dalam program Vokasional Skill, terdapat macam-macam ketrampilan yang diajarkan dan dapat dipilih sesuai minat dan bakat dari para santri. Sebut saja ada komputer, administrasi, pertanian, otomotif, tata boga, mading, paduan suara, drum band, berbagai macam olah raga dan lain sebagainya.Generasi Arifun Billah yang diharapkan selain pandai dan berketrampilan juga bisa mengenali dirinya serta Tuhannya. Singkatnya, Pomosda juga menanamkan nilai-nilai spiritual keTuhan-an. Kasarannya, selain dapat pendidikan dan ketrampilan (duniawi) juga memperdalam ilmu agama.
Pendidikan
Formal
1. SMP
2. SMA
3. STT
Informal
 1. Kepesantrenan
 2. Madrasah Diniyah
3. TKQ/TPQ
Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tilawatil Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha. Program Vokasional Skill, terdapat macam-macam ketrampilan yang diajarkan dan dapat dipilih sesuai minat dan bakat dari para santri. Seperti: komputer, administrasi, pertanian, otomotif, tata boga,menjahit, dsb.
Alamat  
Jalan Wachid Hasyim No. 304 Tanjunganom, Nganjuk, Jawa Timur

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.