Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone

PROFIL

Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Kecamatan Dua Boccoe , Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan bernaung di bawah Yayasan Al-Ikhlas yang didirikan pada tanggal 18 September 2000 M, Bertepatan tanggal 19 Jumadil Awal 1421 H oleh H. Andi Muhammad Umar dan Hj. Bunga Tungke beserta putra beliau yaitu Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA.

Pondok Pesantren ini didirikan sebagai wujud keprihatinan terhadap kualitas dan kuantitas pendidikan di dalam masyarakat, sementara tantangan di masa depan semakin menuntut sumber daya manusia yang handal.

Pada saat didirikan, berbagai tantangan dan hambatan dihadapi, baik pengurus yayasan maupun pengelola pesantren.

Kuatnya arus kepercayaan yang bertentangan dengan akidah agama menjadi tantangan terbesar dalam memulai menjalankan pesantren.

Masyarakat setempat yang sangat teguh dalam mengaplikasikan kepercayaan yang keliru berusaha meredupkan gaung pesantren yang mulai memberikan pencerahan terhadap kepercayaan tersebut.

Namun seiring dengan kegigihan dan pemahaman yang matang, pihak Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone mulai merasakan perhatian masyarakat setempat dalam membangun akidah umat.

Pada tahun 2000 M, Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone telah menjalankan kegiatan belajar mengajar, namun  baru pada tahun 2002, kegiatan kepesantrenan resmi mendapat pengakuan pemerintah.

Pada mulanya, kegiatan belajar mengajar dilakukan di Madrasah Diniyah As’adiyah hingga akhirnya memiliki gedung mandiri pada tahun 2002 atas bantuan Paguyuban Ikhlas di Jakarta.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.