Pesantren Miftahul Mubtadiin Nganjuk

Pesantren Miftahul Mubtadiin Nganjuk

Profil
Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin berkedudukan di Jl. KH. Wahid Hasyim 126 Lingkungan Krempyang Kelurahan Tanjunganom Kec. Tanjunganom Kab. Nganjuk, didirikan oleh KH. Moh. Ghozali Manan pada tahun 1940. Beliau dilahirkan di Dsn. Bedrek Ds. Bedrek Kec. Grogol Kab. Kediri tahun 1912. Pada tahun 1938 beliau menikah dengan seorang putri yang bernama Siti Khodijah, putri dari KH. Abdul Fattah Krempyang Tanjunganom Nganjuk dan selanjutnya menetap di lingkungan Krempyang sampai akhir hayat beliau.

Pada waktu itu keadaan penduduk lingkungan Krempyang sudah banyak yang memeluk agama Islam, akan tetapi belum begitu tampak syi’arnya, setelah kedatangan beliau barulah syi’ar agama Islam di dusun ini mulai tampak dan semakin berkembang dengan pesat dan selanjutnya beliau berhasil mendirikan sebuah pondok pesantren yang tergolong sangat sederhana.

Pondok Pesantren ini bermula dari sebuah musholla yang dikelola oleh KH. Abdul Fattah mertua KH. Moh. Ghozali Manan. Dengan berbekal ilmu yang di pelajari di pondok pesantren Mangunsari Nganjuk, Mojosari Nganjuk, Lirboyo Kediri dan di pondok pesantren Jampes Kediri, KH. Moh. Ghozali Manan bermaksud untuk mengembangkan Islam melalui sistem pondok pesantren. Untuk mewujudkan maksud tersebut, beliau merintis pondok pesantren dengan sistem belajar mengajar secara tradisional (ala pesantren kuno). Pada periode awal ini, ruang belajar yang digunakan sangat sederhana.

Beberapa tahun kemudian, keadaan Pesantren Miftahul Mubtadiin agak mengalami hambatan, karena adanya goncangan dari luar yang bermaksud ingin menggagalkan usaha beliau dalam menegakkan ajaran agama Islam di pondok pesantren ini, akan tetapi KH. Moh. Ghozali Manan tetap bertekad untuk tetap mempertahankan pondok pesantren.

Dalam usaha untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, beliau mengadakan musyawarah dengan beberapa tokoh ulama’ agar pondok pesantren yang dirintisnya tetap bertahan. Dari hasil musyawarah dengan para tokoh ulama’ tersebut kemudian diambil keputusan bahwa pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Krempyang harus tetap dipertahankan. Dengan dicapainya kesepakatan tersebut, akhirnya satu penghambat dari perkembangan Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin di awal-awal berdirinya sudah dapat teratasi. Dan sejak itu juga beliau lebih meningkatkan mutu pendidikan di pondok pesantren.

VISI, MISI & TUJUAN
Visi :

Menjadi pusat pemantapan dan pengembangan wawasan keilmuan, keislaman dan kebangsaan dalam kerangka aqidah ahl al sunnah wa al jamaah An Nahdliyah yang dijiwai akhlak al karimah.

Misi :
1. Menyelenggarakan pendidikan pondok pesantren salafiyah
2. Menyelenggarakan pendidikan Madrasah salafiyah.
3. Menyelenggarakan badan usaha mandiri yang berfungsi sebagai bentuk pengembangan dan penambahan income yayasan.
4. Membentuk badan yang menangani pemeliharaan, perluasan dan pemanfaatan aset-aset guna untuk meperlancar kegiatan yang ada di yayasan.
5. Menyelenggarakan pendidikan formal yang berkurikulum Kementerian Agama.
6. Mengadakan jam’iyyah atau kegiatan keislaman guna pembinaan keagamaan bagi masyarakat dan alumni.
7. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan minat, bakat dan ketrampilan santri.
8. Melaksanakan penelitian, pembinaan dan pengabdian masyarakat dalam rangka untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dengan dijiwai akhlakul karimah.

Tujuan Yayasan Islam al Ghozali adalah :
Mengabdi untuk agama, nusa dan bangsa untuk mewujudkan masyarakat dan generasi yang tangguh dalam keimanan dan keilmuan dalam kerangka aqidah ahl al sunnah wa al jama’ah an Nahdliyah yang dijiwai akhlak al karimah.

Pendidikan
Formal:

1. RA/TK
2. KB
3. MI
4. MTs
5. MA
6. STAIDA

Informal:
1. Kepesantrenan
2. Madrasah Diniyah

Fasilitas
Masjid, pesantren, asrama, kantor, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, aula, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, praktekum bengkel, gedung teater, minimarket, lap. futsal, lap. volley, lap. basket, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Keorganisasian
–IPNU/IPPNU 

Alamat
Jl. KH. Wahid Hasyim 126 Lingkungan Krempyang Kelurahan Tanjunganom Kec. Tanjunganom Kab. Nganjuk
Telepon: (0358) 773456, 771010, 773565

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.