Haul Akbar Al-Imam As-Sayyid Syekh Abul Hasan Asy-Syadzili Ke-383

Haul Akbar Al-Imam As-Sayyid Syekh Abul Hasan Asy-Syadzili Ke-383

Hadirilah Haul Akbar  Al-Imam As-Sayyid Syekh Abul Hasan Asy-Syadzili Ke-383, pada 9 Dzulqo’dah 1439 H / Ahad, 22 Juli 2018 bertempat di Zawiyah Arraudhah Jln. Tebet Barat VIII No. 50 Jakarta Selatan Bersama:
1. Maulana Syekh As Sharif Dr. Abdul Muneim Bin Shiddiq Al Ghumari Al Hasani (Maroko) Hafidzahulah
2. Maulana Syekh Al Habib Luthfi bin Yahya (Hafidzahulah)
3. Maulana Syekh As-Sayid Ahmad Zakaria Ahmad Altaleb Al Huseini (Asy Syami Al Makki) Hafidzahulah

Syekh Abul Hasan Asy-Syadzili أبو الحسن الشاذلي lahir di desa Ghumarah, dekat Kota Sabtah, daerah Maghreb (sekarang termasuk wilayah Maroko, Afrika Utara) pada tahun 593 H/1197 M.. Wafat di Humaitsara, Mesir, tahun 1258 M. Beliau merupakan Pendiri Tarekat Syadziliyah yang merupakan salah satu tarekat sufi terkemuka di dunia. Beliau dipercayai oleh para pengikutnya sebagai salah seorang keturunan dari Nabi Muhammad SAW.

Beliau belajar ilmu thariqah dan hakikat setelah matang dalam ilmu fiqihnya. Bahkan beliau tak pernah terkalahkan setiap berdebat dengan ulama-ulama ahli fiqih pada masa itu. Dalam mempelajari ilmu hakikat, beliau berguru kepada wali quthub yang agung dan masyhur yaitu Syekh Abdus Salam Ibnu Masyisy, dan akhirnya beliau yang meneruskan quthbiyahnya dan menjadi Imam Al-Auliya dan beliau sebagai Qultbul Aqthab wa Kahfu Amnith Thullub

Ada beberapa pokok pemikiran yang dikembangkan oleh Syaikh Abul Hasan Al-Syadzili, diantaranya adalah. Seseorang yang ingin mendalami ajaran Tasawuf, maka harus terlebih dahulu mendalami dan memahami ajaran Syari’ah.

Pelajaran tasawuf Asy-Syadzili yang diajarkan kepada murid-muridnya diambil dari 7 kitab yang penting diantaranya adalah

a. Kitab Khatam al auliyah karya al Hakim al Tarmizi, kitab ini banyak menguraikan tentang masalah kewalian (wilayat) dan kenabian (nubuwwat).

b. Kitab al Mawaqiif Wa al Mukhatabah karya Syekh Muhammad bin Abdul Jabbar an Niffari. Menurut pengarangnya kitab ini ditulis berkat pemberian Tuhan tatkala pengarangnya sedang berkhalwat (menyendiri untuk mendekatkan diri kepada Allah). Dan kitab ini juga menguraikan tentang kerinduan seorang sufi kepada Tuhannya.

c. Kitab Qutub Qulubkarya abu thalib al Makki. Kitab ini ditulis menurut acuan syara’ dengan uraian-uraian dan pandangan-pandangan sufi hingga syariat dan hakikat sejalan dan bersatu.

d. Kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghazali. Kitab ini ditulis dengan memadukan antara syariah dan tasawuf.

e. Kitab As-Syifa’ karya Qadhi ‘Iyadh. Kitab ini oleh al Syadzili dipergunakan untuk mengambil berkah dan juga mengambil sumber syarah-syarah dengan melihat tasawuf dari sudut pandang ahli fiqh.

f. Kitab Ar Risalah a;-Qusyairiyah karya Imam Qusyairi. Kitab ini dipergunakan oleh Al-Syadzili sebagai permulaan dalam pengajaran tasawufnya.  

g. Kitab Al Muharrar al Wajiz. Karya Ibnu Athiah. Kitab ini diuraikan oleh Syadzili untuk melengkapi pengetahuan dalam pengajian.

 Ada beberapa karya beliau yang terkenal diantaranya :

Thariqat Syadzaliyah, Hizib Nasr, Hizib Bahr, Hizib Barr, Hizib Andarun, Hizib Khofi, Hizib Ikhfa', Hizib Dairoh, Hizib Jalalah, Hizib Kifayah, Hizib Lathif , Hizib Nur, Hizib Syaikh, Hizib Tawasul, Hizib Thomsi dan masih banyak lagi yang lain.