Haul Al-Imam Al-Qutub Al-Habib Abu Bakar Al-Adni Bin Abdullah Al-Idrus

Haul Al-Imam Al-Qutub Al-Habib Abu Bakar Al-Adni Bin Abdullah Al-Idrus

Hadirilah Haul Al-Imam Al-Qutub Al-Habib Abu Bakar Al-Adni Bin Abdullah Al-Idrus RA serta pembukaan rutinan Jalsatul Isnanin pada hari Senin, 2 Juli 2018 pukul 17.00 WIB dan bertempat di Masjid Al-Adni Nongko Jajar Malang Jawa Timur.

Beliau dilahirkan pada awal abad ke-9 H atau tepatnya pada tahun 851 H, bertepatan dengan 1432 M. Ada juga yang mengatakan bahwa kelahirannya adalah pada 852 H, adapun kota tempat dilahirkannya Imam Al-Adeni adalah kota Tarim, salah satu pusat keagamaan di propinsi Hadhramaut.

Diantara sifat Imam Abu Bakar Al-Adeni adalah beliau selalu berlemah lembut dan penyayang terhadap orang muslim yang sedang bersedih hati, beliau selalu berusaha menghibur dan tidak pernah menakut-nakuti mereka dan memberikan mereka pengharapan agar tidak putus asa, karena beliau tahu bahwa rahmat Allah SWT sangat luas, Imam Abu Bakar juga memiliki semua sifat terpuji seperti sifat malu, menjaga harga diri dan zuhud terhadap dunia serta selalu berpegang

teguh terhadap Qur'an dan Hadits, dan memerintahkan kepada pengikutnya untuk mengikut jejak beliau dalam hal itu, beliau juga sangat menjauhi dari pembicaraan yang tidak berfaidah seperti pembicaraan tentang pertentangan antara Sahabat Nabi RA.
 
Diantara Karomah Al Habib Abu Bakar Al Adeni yang paling terkenal dan Fenomenal ialah Pada saat beliau pertama kali memasuki Kota Aden.Disana Beliau di cegat oleh penjaga gerbang kota Aden. Kata Penjaga gerbang : "Kota Aden adalah kotanya Para Wali yang bertabur Karomah,kalau anda hendak masuk perlihatkan lah karomah mu.Pada saat itu juga Beliau langsung mengangkat kedua tangan Beliau dan berkata " Ya ALLAH, Hamba adalah Abu Bakar bin Abdullah..Hamba memohon kepadaMu turunkan lah Hujan Air Susu sekarang ini juga ". setelah Beliau bermunajat tak lama langsung turun Hujan Air Susu dengan derasnya. Karena itu lah Beliau di beri gelar Al Habib Abu Bakar Al Adeni dan menjadi satu-satunya orang yang bergelar AL Adeni
 
Al Habib Abu Bakar Al Adeni menghabiskan masa hidupnya dalam pengabdian kepada Sang Pencipta, menegakkan ilmu serta dakwah kepada Allah SWT, dan mengajak umat manusia kepada kebaikan dan mengamalkannya, hingga akhirnya Allah memberinya sakit beberapa hari untuk kemudian dipanggilan ke hadiratNya pada malam selasa tanggal 14 Syawal tahun 914 H, dalam usianya yang ke-63 tahun.

Tags