Teladan Bagus, Mamah Dedeh Sampaikan Maaf kepada PBNU dan Nahdliyin melalui Televisi Nasional

Teladan Bagus, Mamah Dedeh Sampaikan Maaf kepada PBNU dan Nahdliyin melalui Televisi Nasional

Beberapa hari lalu santer dikabarkan tentang komentar Mamah Dedeh, seorang tokoh agama yang sering muncul di televisi, yang memberikan stigma dan stempel negatif kepada dakwah Islam Nusantara. Komentar Mamah Dedeh tersebut dilontarkan saat menjadi juri ajang lomba bertajuk Program Aksi di stasiun televisi Indosiar.

Sontak, banyak timbul protes dari kalangan nahdliyin, karena dianggap melecehkan metode dakwah Islam Nusantara. Komentar protes banyak bermunculan di media sosial, sehingga menimbulkan kegerahan tersendiri.

Hari ini (04/07/2018) beredar video Mamah Dedeh meminta maaf kepada PBNU dan warga nahdliyin dengan setting sebagaimana dalam penampilan rutin Mamah Dedeh memberikan tausiyah kepada kelompok pengajian ibu-ibu di sebuah stasiun televisi pada pagi hari.

“Kepada yang terhormat PBNU dan seluruh warga nahdliyin di negara yang kita tercinta ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, atas kesalahpahaman dan pernyataan saya tentang Islam Nusantara,” pernyataan Mamah Dedeh secara berdiri setelah meninggalkan kursi tempat duduknya memberikan tausiyah.

Tidak cukup sekali, Mamah Dedeh pun menegaskan permintaan maafnya yang ditutup dengan doa, “Sekali lagi saya mohon maaf sebesar-besarnya semoga kita mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT”. Serempak jamaah menjawab “aamiin” dari doa Mamah Dedeh tersebut.

Ini adalah sebuah teladan yang sangat bagus, ketika tokoh agama meminta maaf atas kekhilafannya yang disampaikan di depan umum dan disiarkan secara publik melalui televisi nasional.