Facebook Perkuat Kecerdasan Buatan Untuk Memahami Bahasa Alami

 
Facebook Perkuat Kecerdasan Buatan Untuk Memahami Bahasa Alami

Facebook akhirnya mengakusisi Bloomsbury AI asal London yaitu firma yang fokus pada kecerdasan buatan untuk memahami bahasa alami manusia. Akusisi ini adalah yang terbaru oleh Facebook. Padahal Facebook juga sangat serius mengembangkan kecerdasan buatan atau bisa disebut AI (Artificial Intelligence) milik mereka sendiri.

Bloomsbury AI menggunakan machine learning untuk memahami bahasa alami manusia. Namun dari sumber TechCrunch, Bloomsbury akan menangani berita hoax dan konten lain yang bermasalah di Facebook. Ini bisa diprediksi karena co-creator  Bloomsbury Sebastian Riedel pernah mempublikasi startup lain yaitu Factmata, yang didesain untuk menanggulangi berita hoax.  

Harga akusisi tidak begitu mengejutkan. Facebook mengakui bahwa sebenarnya sudah terlambat untuk menangani berita palsu dan perlu banyak orang untuk bisa menangani ini. Dengan lebih dari dua milyar pengguna, AI mungkin akan berperan sangat vital untuk menandai dan menghapus berita hoax. Nilai akuisisi yang diperkirakan bernilai dari US$23 juta (sekitar Rp329 miliar) hingga US$30 juta (sekitar Rp 429 miliar)