Mengenal Sosok Syed Saddiq Menteri Paling Muda dalam Sejarah Malaysia

 
Mengenal Sosok Syed Saddiq Menteri Paling Muda dalam Sejarah Malaysia

Jakarta - Syed Saddiq Abdul Rahman, pemuda yang lahir pada 6 Desember 1992 (25 tahun) di Pulai, Kangkar Pulai, Malaysia tiba-tiba menjadi bahan pembicaraan dan viral di Malaysia. Pemuda yang lahir dari pasangan Sharifah Mahani Syed Abdul Aziz dan Syed Abdul Rahman Abdullah Al-Saqoff ini dilantik jadi Menteri Pemuda dan Olahraga atau dalam bahasa Malaysia atau dalam bahasa Malaysia menjadi Menteri Belia dan Sukan, di kabinet Mahathir Muhammad. Ia tercatat sebagai menteri paling muda dalam sejarah Malaysia. 


Berdasarkan data yang ada, Kabinet Malaysia rata-rata dihuni oleh orang-orang di usia sekitar 28 tahun, Syed Saddiq adalah salah satunya, Pemuda yang lahir dari keluarga kelas menengah ini mulai dilirik setelah menjadi pembicara ulung ketika menolak UMNO, salah satu partai politik terbesar di Malaysia, dan lebih memilih bergabung dengan 'pecahannya', Partai Pribumi Bersatu Malaysia yang merupakan bagian dari koalisi dengan Pakatan Harapan.


Saddiq bahkan sempat menolak kesempatan mendapatkan beasiswa S3 di Oxford demi bertarung memperebutkan kursi parlemen di Muar, negara bagian Johor. Dan Saddiq berhasil meraup 6.953 suara di Muar yang awalnya dianggap sebagai basis kuat Partai UMNO.


Sebelumnya, Syed Saddiq Abdul Rahman, juga menjabat sebagai ketua dari organisasi pemuda partai pimpinan Mahathir. Berasal dari keluarga sederhana, membuat Syed sangat peduli kepada orang-orang yang berkekurangan. Kepeduliannya itu ia tunjukkan dengan memberikan bantuan serta dekat dengan berbagai kalangan masyarakat.


Prestasinya semasa kuliah juga tidak diragukan, Sarjana Hukum dari Universitas Islam Internasional Malaysia ini berhasil tiga kali memenangkan Asia's Best Speaker Award dari Asian British Parliamentary Debating Championship.