Keren, Ribuan Orang di Yerusalem Bernyanyi Bersama Hormati Gus Yahya!

Keren, Ribuan Orang di Yerusalem Bernyanyi Bersama Hormati Gus Yahya!

Alhamdulillah,

Patut disyukuri, usaha dakwah dengan bingkai besar “Rahmah” yang disampaian oleh Kyai Yahya Cholil Staquf, akrab dipanggil Gus Yahya, di depan tokoh-tokoh masyarakat di Yerusalem, kini membuahkan hasil yang positif.

Sekitar dua minggu yang lalu Israel secara resmi membuka izin bagi WNI untuk berziarah ke Baitul Maqdis Yerusalem, walaupun masih ada pro kontra, apakah kebijakan ini terkait kunjungan Gus Yahya di akhir Ramadhan (sekitar dua minggu sebelum kebijakan tersebut), namun netizen muda NU secara umum berpendapat keduanya sangat berkaitan.

Kini muncul video yang dibawakan oleh ribuan orang di Yerusalem di area Menara Daud, wilayah yang sangat dihormati di Israel, menyanyikan lagu penghormatan atas kehadiran Gus Yahya di Israel. Ribuan penyanyi tersebut terdiri dari warga multi agama yang secara spontan hadir pada tengah malam atas undangan panitia acara.

Dalam rilis video tersebut dapat dibaca teks yang berada di dalamnya sebagai berikut,

“14 Juni 2018, Koolulam, sebuah inisiatif social musical untuk event bernyanyi secara massal mengundang 1.000 orang untuk sebuah event spesial di The Tower of David (Menara Daud) Jerusalem. Event ini dijalankan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kunjungan ke Israel oleh ulama Indonesia Haji Yahya Cholil Staquf Katib ‘Aam Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, organisasi muslim terbesar di dunia.

Warga pemeluk Yahudi, Kristen, dan muslim yang belum pernah bertemu sebelumnya berkumpul di tengah malam, setelah hari terakhir Ramadhan, untuk bernyanyi satu lagu dalam tiga bahasa dan dalam tiga bagian vocal yang harmoni.

Acara ini hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk melatih semua orang pada bagian masing-masing. Acara ini diproduksi bersama-sama oleh Museum The Tower of David (Menara Daud) dan Jerusalem.com.”

Video dapat disimak di: https://www.youtube.com/watch?v=TZzK29_V8jQ


Pada menit ke-1 detik ke-15, Gus Yahya pun nampak dalam video tersebut turut menyanyikan lagu dengan lirik sebagai berikut:

Let them all pass all their dirty remarks
Biarkan mereka semua menyampaikan semua komentar kotor mereka

There is one question, I really love to ask
Ada satu pertanyaan yang ingin saya tanyakan

Is there a place for the hopeless sinner,
Apakah ada tempat bagi seorang pendosa yang tidak memiliki harapan,

who has hurt all mankind, Just to save his own belief?
yang telah menyakiti semua manusia hanya untuk menyelamatkan keyakinannya sendiri?

One Love
Satu cinta

One heart
Satu hati

Let’s get together and feel
Mari bersama dan merasa

alright
Baik-baik saja

 

Apabila menyimak lirik lagu tersebut, sepintas seperti ajaran ulama yang memberikan kemudahan bertaubat bagi pendosa besar yang memiliki keinginan memperbaiki diri.

Semoga dakwah “Rahmah” yang disampakan Gus Yahya memberikan keterbukaan pintu hati bagi masyarakat Yahudi di Israel dalam membangun kehidupan yang damai bersama Palestina.