"Foto Keluarga" Pertemuan Puncak NATO, Canggung dan Tegang

 

Disadur dari BusinessInsider.sg, dari Brussels, Presiden Donald Trump melalui akun twitternya secara konsisten menyerang sekutu NATO-nya karena tingkat pengeluaran dan praktik perdagangan mereka pada minggu-minggu menjelang KTT.

Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengatakan kepada Trump: "Hargai sekutu Anda, bagaimanapun juga, Anda tidak punya banyak."

Para pemimpin dunia saat ini berkumpul di Brussels, Belgia untuk KTT NATO 2018, dan setelah pertemuan G7 yang sangat keras pada bulan lalu, ketegangan belum nampak menurun.

"Foto keluarga" anggota NATO yang tampak tidak nyaman dan curiga di berbagai arah tampaknya sempurna menangkap perbedaan signifikan dalam pendapat dan konflik yang membayangi pertemuan puncak.

Sementara Amerika Serikat dan Eropa secara historis merupakan sekutu militer dan ekonomi yang dekat, Presiden Donald Trump telah membalikkan tatanan itu dengan berulang kali memaksa Eropa untuk tugas yang melebihi belanja pertahanan dan perdagangan, sambil mendorong hubungan AS yang lebih dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam foto itu: Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Belgia Charles Michel, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, Trump, dan Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Sementara dalam perjalanan menuju pertemuan puncak tersebut, Trump menyerang dengan serangkaian tweet konfrontatif yang menuduh sekutu NATO-nya bersama AS dengan tidak membayar kontribusi secara fair untuk anggaran NATO, dan meratapi ketidakseimbangan perdagangan antara AS dan Uni Eropa.

"NATO menguntungkan Eropa jauh lebih banyak dibandingkan untuk AS," tulis Trump. "Dengan beberapa akun, AS membayar 90% NATO, yang mana banyak negara membayar kurang dari komitmen 2% mereka. Sementara Uni Eropa memiliki Surplus Perdagangan sebesar $ 151 Juta dengan AS, dengan Hambatan Perdagangan yang besar atas barang. TIDAK!” tweet Trump.

Saat ini, anggota NATO didorong untuk mengalokasikan target 2% dari output ekonomi tiap negara untuk anggaran pertahanan tiap negara dan 1% dari belanja pertahanan untuk mendanai NATO, tetapi jumlah target tersebut belum efektif berjalan. Tidak ada hukuman karena tidak mencapai kesepakatan yang telah ditetapkan, tetapi Trump berulang kali mengecam khususnya Jerman karena tidak cukup membelanjakan untuk pertahanan.

Sebelum KTT, Presiden Uni Eropa Donald Tusk membalas kritik “harian” Trump untuk Eropa, menyatakan bahwa Uni Eropa membelanjakan biaya pertahanan lebih daripada Rusia dan hampir sama dengan China, dan mengatakan kepadanya untuk "menghargai sekutu Anda. Karena tanpanya, Amerika tidak cukup banyak kekuatan. "

Tusk dan anggota NATO lainnya juga prihatin tentang implikasi keamanan hubungan persahabatan Trump dengan Putin, yang dia puji secara terbuka lebih dari rekan-rekannya di Eropa. Trump dan Putin dijadwalkan bertemu pada 16 Juli di Finlandia.