Komitmen PBNU Mencerdaskan Bangsa dari Aceh sampai Papua

 
Komitmen PBNU Mencerdaskan Bangsa dari Aceh sampai Papua

LADUNI.ID, Jakarta - Fenomena pendidikan di Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke masih banyak terjadi kesenjangan-kesenjangan, beberapa kesenjangan antara lain bahwa pendidikan di Jawa merupakan pendidikan  yang lebih maju jika dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. contohnya Papua masih sangat tertinggal dengan pulau Jawa. hal ini membuat pengurus PBNU berkomitmen untuk pembangunan  dalam bidang pendidikan, kesehatan dan kemandirian ekonomi agar makin dirasakan umat. Nahdlatul Ulama, lewat NU Care-LAZISNU, setahun yang lalu meresmikan pembangunan di berbagai daerah yang dimulai dari Aceh. 

Kamis(12/07/2018) NU Care-LAZISNU kembali melakuan upaya serupa, di tanah Papua. Pagi itu, di Maibo, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong Papua Barat suasana terasa begitu mengharukan. Bagaimana tidak, di zaman pesatnya perkembangan ini ternyata masih ada putra Indonesia yang untuk mendapatkan sarana belajar saja masih susah.

Di Maibo, tampak bangunan sekolah yang kondisinya berada di bawah kelayakan, fasilitas pendidikan sangat memprihatinkan. Hal itu karena keterbatasan tempat. Bangunan sekolah itu tampak hanya seperti gubuk yang beralaskan tanah.

Saya bertanya-tanya, ke mana kepedulian kita selama ini? Kepedulian semua bagian masyarakat, mulai dari pemerintah, tokoh masyarakat, aghniya, dan masyarakat umum. Mari, bersama-sama bahu-membahu menopang harapan bagi anak-anak bangsa kita di timur Indonesia.

Sudah kita awali, NU Care-LAZISNU hari itu menyerahkan bantuan dari para donatur yang dihimpun lewat platform crowdfunding Kitabisa.com untuk pembangunan SD Al-Ma'arif Maibo. Kegiatan itu juga dihadiri Ketua PCNU Sorong, Pengurus NU Care-LAZISNU Sorong, Pengurus Ma'arif Kabupaten Sorong, Muslimat, Fatayat, serta temen-teman anggota Banser.