Teh Lokal Asal Cianjur Mendapatkan Penghargaan Dunia

 
Teh Lokal Asal Cianjur Mendapatkan Penghargaan Dunia

LADUNI.ID- Teh lokal Produk dari PT Bukitsari dengan brand Bankitwangi asal Cianjur mendapatkan penghargaan di ajang  AVPA Gourmet Product 2018 di Paris Prancis, penghargaan langsung diberikan oleh Presiden AVPA Philippe Juglar.  Teh yang diproduksi oleh PT Bukitsari itu memenangkan penghargaan karena rasanya yang dinilai beraroma khas.

Bankitwangi yang termasuk dalam kategori teh hitam, dan mendapatkan penghargaan setelah mengikuti ajang  kompetisi internasional AVPA bertajuk "Tea's of The World yang diikuti oleh 113 peserta dari 15 negara, terpilihlah 53 peserta yang berhak mendapatkan penghargaan Gourmet Product Paris 2018, setelah melalui penjurian yang sangat ketat.

"Black Tea yang dibawa oleh PT Bukitsari seakan-akan membawa kami dalam sebuah perjalanan yang panjang berkat aroma spicy dan aroma kayunya. Teksturnya pun kuat, tanpa mendominasi keseluruhan rasanya yang original," ujar Penanggungjawab kompetisi Gourmet Tea’s of The World Laurent Pascault,

Dalam kompetisi tersebut terdapat sembilan kategori yang ditandingkan yaitu Green tea, White tea, Oolong Clear, Darjeeling, Oolong Moyen, Oolong Oriental Beauty, Oolong Dark, Black Tea, dan No Category. Dengan syarat produk teh dan kopi sudah siap dikonsumsi atau sudah di roasted dari negara asalnya, serta bukan barang komoditas sehingga lebih mahal nilai jualnya. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan nilai ekspor. Rasa yang dimiliki haruslah original dan berpotensi untuk bersaing di pasar Eropa.
 
Selain mengadakan kompetisi untuk produk teh, AVPA bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan dan Internasional Coffee Organization (ICO) akan menyelenggarakan kompetisi "Roasted Coffee in the Country of Origin" pada September mendatang. Produsen teh dan kopi yang memenangkan kompetisi ini berhak mendapatkan sertifikat dan label "Gourmet Paris" yang bisa ditempelkan langsung pada kemasan. Label yang diberikan dapat membantu mendapatkan pengakuan dari Paris sehingga memudahkan pemasaran di dalam maupun luar negeri
 
Keuntungan lain yang diraih para pemenang dalam kompetisi Gourmet ini adalah produk mereka dapat langsung di-endorse oleh kafe, restoran dan akademi kuliner untuk dipromosikan langsung ke konsumen di berbagai kota di Prancis. Manager AVPA France untuk Indonesia Annelis Putri, mengharapkan akan semakin banyaknya produk-produk Indonesia yang mengikuti kompetisi Gourmet International ini, agar produk Indonesia terutama teh dan kopi Tanah Air juga semakin dikenal di Eropa.