Habib Ali Al-Jufri Tegaskan Islam Indonesia sebagai Islam Rasulullah di Madinah

 
Habib Ali Al-Jufri Tegaskan Islam Indonesia sebagai Islam Rasulullah di Madinah

Di Indonesia, Islam berkembang dengan pesat. Namun demikian, Islam Indonesia tidak sesekali melepaskan keterkaitannya dengan kultur dan tradisi yang melingkupinya. Oleh karenanya, Islam Indonesia dikenal dengan sebutan Islam Nusantara.

Hakikatnya, slam yang berkembang di Indonesia senantiasa mengedepankan sikap moderat, ramah dan toleran terhadap segala perbedaan yang ada. Karena itu Islam Indonesia dianggap sesuai dengan Islam yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW memadukan keragaman suku, budaya dengan Agama.

Tegasnya, Islam Indonesia yang disebarkan tanpa pertumpahan darah juga dianggap sesuai dengan Islam di Madinah yang juga masuk tanpa peperangan.

Dalam Majlis Rasulallah, Habib Ali Al-Jufri dalam ceramahnya di Monas, Jakarta menegaskan bahwa Islam Indonesia memang mirip Islam di Madinah di masa Rasulullah.

Menurutnya, umat Islam Indonesia harus bersyukur karena Islam yang dibawa Walisongo tanpa pertumpahan darah, melainkan melalui akhlak dan kebijaksanaan. Sehingga dengan itu mampu melahirkan bentuk Islam yang ramah dan menjunjung tinggi perdamaian.

“Karna kalian adalah Ahlul Madinah. Kalian (penduduk Indonesia) menerima Islam yang dibawa Walisongo tanpa peperangan, begitu pula penduduk Madinah masuk Islam tanpa peperangan,” jelas Habib Ali.

Lebih daribitu, Habib Ali menegaskan bahwa sikap Islam Indobesia selaras dengan apa yang dilakukan masyarakat Madinah. Suatu tradisi ramah tamah saat menyambut kaum Muhajirin dari Mekkah.

"Kalian (red: penduduk Indonesia) selalu menyambut dengan hangat tamu-tamu dari luar negeri dengan kasih sayang dan akhlak dan budi pekerti luhur, begitu pula Ahlul Madinah menyambut kaum Muhajirin yang Hijrah bersama Rasulullah,” pungkas Habib Ali.

Sebab itu, menurut Habib Ali Islam Indonesia harus tetap dijaga dan bahkan terus dilanjutkan.