Iran Ajak AS Berdamai

 
Iran Ajak AS Berdamai

LADUNI.ID, Teheran-Presiden Iran Hassan Rouhani mendesak Presiden AS Donald Trump berdamai dengan Iran, demikian kantor berita setengah resmi ISNA, seperti dikutip dari VOA, Senin (23/7/18).

Berita itu mengutip Rouhani yang mengatakan "Amerika perlu memahami benar bahwa perdamaian dengan Iran adalah ibu dari semua perdamaian, dan perang dengan Iran adalah ibu dari semua perang".

Rouhani mengingatkan Trump agar berhenti "bermain-main dengan ekor singa" dan mengancam Iran "atau nanti menyesal".

Seperti diketahui, Presiden Trump awal tahun ini menarik AS keluar dari Perjanjian Nuklir Iran. Perjanjian ini semula untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir. Setelah menarik diri, AS meningkatkan sanksi terhadap Iran. Waktu itu Trump mengemukakan pimpinan Iran akan "menelponnya dan mengatakan mari kita buat kesepakatan". Ternyata Iran menolak perundingan baru.

Rouhani tadinya mengecam Trump karena mau memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran, memindahkan kedutaan AS di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem dan melarang orang dari negara-negara tertentu yang penduduknya mayoritas Muslim melakukan perjalanan ke AS.