Sambut Olimpiade 2020, Jepang Ciptakan Masjid Berjalan

 
Sambut Olimpiade 2020, Jepang Ciptakan Masjid Berjalan

LADUNI.ID, Tokyo-Dalam rangka menyambut perhelatan Olimpiade Tokyo 2020, Jepang terus melakukan berbagai persiapan. Salah satunya menyiapkan masjid berjalan. Masjid berjalan yang dibuat dari truk kontainer yang telah dimodifikasi. Saat difungsikan, kontainer truk dilaporkan bisa melebar sehingga ruang di dalamnya menjadi lebih luas. 


Interior di dalam kontainer juga sudah diset seperti halnya di dalam masjid. Tak ketinggalan, masjid berjalan ini juga sudah dilengkapi alat pendingin suhu (AC) dan keran air untuk berwudhu. Total kapasitas masjid berjalan ini dapat menampung 50 orang. Biaya pembuatan per unit disebut mencapai sekitar 100 juta Yen atau sekitar Rp 13 miliar. Masjid berjalan pertama kali diresmikan saat berlangsungnya pertandingan sepak bola J-League di Toyota Stadium, di Kota Toyota, Prefecture Aichi, Senin (23/7/2018). 


Selama perhelatan Olimpiade nanti, truk-truk ini akan dioperasikan ke berbagai yang jadi venue Olimpiade sesuai kebutuhan. (Mobile Mosque Executive Committee via AP) CEO Yasu Project Yasuharu Inoue berharap keberadaan masjid berjalan ini dapat mempermudah turis muslim yang hendak beribadah. Selain itu, keberadaannya dapat membuat para turis muslim tetap merasa seperti di negaranya sendiri. 


"Sebagai negara yang terbuka dan ramah, kami ingin berbagi gagasan "omotenashi" (keramahan Jepang) dengan orang-orang muslim," kata Inoue seperti dikutip dari nytimes.com, Rabu (25/7/18).