Konsultasi Siap Nikah: Mempersiapkan Masuk Perguruan Tinggi Bagaimana Caranya?

 
Konsultasi Siap Nikah: Mempersiapkan Masuk Perguruan Tinggi Bagaimana Caranya?

Assalamu’alaikum mbak Nur,
Saya Rayhan, 17 tahun dan baru saja masuk kelas XII atau kelas 3 SMA. Om saya pernah bilang, kalau mau kuliah itu harus dipersiapkan  sejak masih duduk di bangku SMA. Saya saat ini belum ada gambaran tentang dunia perkuliahan. Bagaimanakah persiapan masuk perguruan tinggi yang dapat saya lakukan ?
Terima kasih atas penjelasannya.
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Rayhan di Bekasi


Tanggapan
Wa’alaikumsalam Rayhan.
Benar sekali yang disampaikan omnya Rayhan. Masuk perguruan tinggi bukan perkara mudah yang bisa ditentukan dalam waktu satu malam, apalagi kalau belum tahu jurusan apa yang akan diambil, bisa saljur (salah jurusan) nih nanti. Pertama Rayhan bisa menentukan dulu jurusan yang akan diambil saat kuliah nanti. Apabila belum memiliki gambaran, kamu bisa membicarakannya dengan guru BK (Bimbingan Konseling).

Sampaikan kepada Guru BK, apa yang akan menjadi cita-citamu dan ingin bekerja di bidang apa. Guru BK akan  membantumu mengarahkan sesuai minat dan bakatmu.
Setelah mengetahui jurusan yang akan diambil, mulailah memilih Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan sesuai pilihanmu. Kamu juga bisa mengunjungi kampus impianmu tersebut, hal ini bisa menambah semangatmu. Cari tahu juga kisaran biaya yang mungkin dibutuhkan, bersyukurlah apabila biayanya bisa terjangkau oleh orang tuamu. Jika biayanya terlalu mahal, jangan putus asa, kamu bisa mencari informasi tentang beasiswa. Pemerintah memberikan beasiswa melalui Bidikmisi.

Selain itu banyak pula perguruan tinggi, lembaga atau organisasi yang memberikan beasiswa baik penuh atau sebagian. Seringkali orang tua tidak menyetujui jurusan kuliah yang dipilih anaknya, komunikasikan pilihanmu dengan kedua orang tuamu agar mendapat dukungan dan doa restu dari mereka karena doa atau restu orang tua menjadi kunci berhasil suatu tujuan yang ingin dicapai.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: رِضَا الرَّبِّ فِى الرِّضَا الْوَالِدَيْنِ وَ سَخْطُهُ فِى سَخْطِهِمَا  – الطبراني

Artinya: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda,”Ridha Rabb terletak pada ridha kedua orang tua dan murka-Nya terletak pada kemurkaan keduanya.” (Riwayat Ath Thabarani, dishahihkan oleh Al Hafidz As Suyuthi)

Nhaahhh.. kalau sudah tahu jurusan apa yang akan dipilih, kamu bisa memanfaatkan waktumu untuk fokus dalam belajar. Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah ya, agar diberikan kemudahan dan kelancaran.
Okay… semangat ya Rayhan. Hidup itu penuh perjuangan, bukan hadiah, dalam perjuangan itu ada pengorbanan dan doa yang tulus. Belajar, bekerja hingga pada akhirnya tahapan itu akan mengantarkan kita pada kesuksesan.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Salam Hormat

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun