Kemenag Apresiasi Jamaah Haji Memakai Ihram dari Tanah Air

 
Kemenag Apresiasi Jamaah Haji Memakai Ihram dari Tanah Air

LADUNI.ID,Saudi Arabia-Kementerian Agama mengapresiasi para jamaah haji yang sudah melaksanakan mandi sunnah dan memakai kain ihram sejak dari embarkasi. Sebelumnya Kemenag mengeluarkan surat edaran yang salah satu pointnya adalah memakai kain ihram dari embarkasi. Direktur Bina Haji Kemenag RI Khoirizi H. Dasir mengingatkan, edaran yang diterima Media Center Haji (MCH) pada Selasa (31/07) itu disampaikan demi kelancaran pergerakan jemaah setibanya di Bandara Jeddah.

Berdasarkan pantauan MCH Daerah Kerja (Daker) Bandara, memang masih banyak dijumpai jemaah gelombang II belum berihram. “Bukan hanya sebagian yang tidak berihram dalam satu kloter, bahkan beberapa kloter yang tiba tampak masih berbatik haji,” ujar Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat melalui Kasi MCH Abdul Basyir, Selasa (31/07) sore waktu Saudi.

Namun dari sekian banyak yang belum berihram, penghargaan perlu disampaikan kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo. “Bukan tanpa sebab, apresiasi ini diberikan atas kepatuhannya menjalankan himbauan agar jemaah haji berihram sejak dari embarkasi,” ungkap Basyir.

Paling tidak jemaah haji asal Solo merupakan satu-satunya embarkasi yang seluruh jemaahnya telah berihram saat tiba di Bandara, Jeddah. “Seperti SOC-44 yang tiba di Bandara Jeddah pada Senin (30/07) pukul 18.30 WAS, sebanyak 165 jemaah laki-laki Embarkasi Solo nampak seluruhnya telah berpakaian ihram,” terang Basyir.

Sebanyak 195 jemaah perempuan, tambahnya, juga sudah siap dengan pakaian muslimah berwarna putih. Saat keluar bandara melalui Gate B terminal haji Bandara Jeddah, jemaah bisa langsung didorong memasuki bus.

“Mereka kemudian langsung membaca niat ihram sebelum bertolak ke Makkah untuk melaksanakan umrah,” tandas Basyir lagi. Menurut salah satu jemaah, mengenakan kain ihram memang sudah disuruh pakai dari embarkasi oleh petugas PPIH Solo. 

Pantauan di lapangan hingga Selasa (31/07) sore, jemaah asal Solo yang paling konsisten, seperti terakhir SOC-46 yang tiba Selasa siang juga seluruhnya telah berihram. Sayangnya, yang dilakukan jemaah kloter tersebut belum sepenuhnya dicontoh jemaah kloter lain.

Terkait hal tersebut, berbagai pihak telah meminta petugas di berbagai embarkasi di Tanah Air mendorong anjuran berpakaian ihram di Tanah Air. “Dimohon kepada seluruh Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota mengimbau kepada seluruh jemaah gelombang II untuk dapat melakukan mandi sunah ihram dan menggunakan kain ihram di embarkasi keberangkatan,” tegas Dirbina Haji Khoirizi dalam edaran di atas.