Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Apa Potensiku ?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun:  Apa Potensiku ?

Assalamu’alaikum mba Nur
Saya Ghea dari Jakarta, saat ini saya masih duduk di kelas XI atau 2 SMA. Mau tanya nih mba, saya merasa kok terkadang bingung dengan diri saya sendiri. Saya selama ini tidak memahami apa potensi yang ada dalam diri saya, sehingga saya tidak memahami arah dan tujuan hidup saya dalam hal pendidikan dan pekerjaan. Saya menjalani kehidupan saya mengalir saja. Masuk ke SMA juga atas saran orang tua dan saya tidak ingin hal ini terjadi pada saat saya kuliah. Saya ingin menemukan potensi saya agar saya bisa mantap saat memilih jurusan kuliah dan lebih bersemangat menjalani hidup.
Terima kasih atas sarannya ya mba.
Wassalamu’alaikum wr wb.  
Ghea – Jakarta


Tanggapan :
Wa’alaikumsalam Ghea di Jakarta
Usia remaja seperti Ghea saat ini, memang sering berada pada posisi labil karena memang sedang dalam proses pencarian jati diri. Ghea telah melakukan tindakan yang tepat dengan cara berkonsultasi. Perlu untuk Ghea ketahui bahwa manusia dilahirkan dengan membawa kecerdasan dan potensinya masing-masing. Sayangnya tidak semua orang menemukan potensinya tersebut, sehingga seringkali orang merasa salah dalam memilih jurusan pendidikan maupun pekerjaan. Akhirnya mereka tidak enjoy dalam menjalani kehidupannya.

Ghea telah melakukan tindakan yang tepat dengan cara berkonsultasi. Kita pelajari dulu yuk apa itu potensi, potensi adalah kemampuan terpendam baik yang belum terwujud ataupun yang sudah berkembang dengan maksimal. Potensi ada dalam diri setiap orang dan bisa berkembang menjadi suatu prestasi. Ghea bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengungkap apa sebenarnya potensi Ghea.


1.    Kenali aktivitas favorit
Coba kenali aktivitas favoritmu, misalnya membaca buku dengan tema apa, mencari tahu tentang suatu hal, memasak, olah raga atau aktivitas apapun yang membuatmu nyaman tanpa merasa bosan.


2.    Kenali potensi dominan
Sebagian orang bisa mempunyai beberapa potensi sekaligus. Fokus hanya pada satu potensi yang hasilnya dapat memberikan prestasi yang baik agar tidak bingung saat memilih jurusan pendidikan.


3.    Bertanya pada orang lain
Sering sekali kita tidak memahami potensi kita sendiri. Bertanyalah pada orang-orang di sekitarmu, seperti orang tua, saudara, teman dan juga gurumu. Mereka akan lebih obyektif dalam menilaimu.


4.    Jangan menghakimi diri sendiri
Pernahkah kamu melakukan aktivitas yang sepertinya sangat kamu sukai, namun ternyata aktivitas tersebut tidak memberikan hasil yang baik ? Jangan langsung berpikiran bahwa itu adalah suatu kegagalan ya, coba lagi dan gali apakah aktivitas yang kamu sukai itu benar-benar sesuai keinginanmu.


5.    Tes bakat
Tes bakat ini  bertujuan untuk lebih memantapkan pencarian potensi dirimu. Benarkah sudah sesuai dengan dirimu ? Psikolog bisa membantumu menjelaskan hasil dari tes bakatmu.


6.    Berdoa dan berusaha
Jangan lupakan untuk terus berdoa dan berusaha ya, walaupun saat ini belum menemukan potensi dirimu. Terus kembangkan dirimu, tetap optimis dan berpikir positif dalam menggapai cita-citamu.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Ghea dan teman-teman yang lain dalam menemukan potensi diri masing-masing ya.
Salam semangat dan keep fight ya.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Salam Hormat

Nur Chasanah, S. Psi

Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun