Satelit Merah Putih Berhasil Melesat ke Angkasa

 
Satelit Merah Putih Berhasil Melesat ke Angkasa

LADUNI.ID,  Jakarta - Alhamdulilah, Terdengar bunyi bum yang menggelegar saat Falcon 9 lepas landas dengan muatan satelit Merah Putih. Roket setinggi 70 meter itu secara perlahan mengeluarkan api dan terbang menembus awan menuju ke antariksa, tepat pukul 1.18 waktu Amerika Serikat atau 12.18 WIB, satelit Merah Putih akhirnya melesat ke angkasa. tepuk tangan mengiringi keberhasilan dari tempat peluncuran, di Cape Canaveral, Florida.

Satelit Merah Putih yang berbobot 5,8 ton,diterbangkan oleh roket Falcon 9 setinggi 70 meter dan beratnya 580 ton. Roket ini terdiri dari 3 komponen, yaitu step 1, step 2, dan fairing, semuanya sudah utuh dalam satu kesatuan bersama satelitnya.

Dalam waktu sekitar 2 menit setelah lepas landas, roket bagian 1 dari Falcon 9 akan lepas sehingga penerbangan kemudian dilanjutkan roket kedua. Secara paralel dalam 8 menit, roket 1 itu akan kembali ke Bumi untuk digunakan dalam peluncuran satelit oleh klien SpaceX yang lain.

"Roket kedua itu akan terus sampai menuju ketinggian 500 kilometer, setelah itu satelit dilepas di situ," terang Hendra Gunawan, Koordinator Proyek Satelit Merah Putih kepada para wartawan Indonesia di Orlando, Amerika Serikat.

Penerbangan dari Bumi ini barulah tahap pertama. Dalam waktu sekitar setengah jam lagi sudah dapat diketahui apakah peluncuran satelit Merah Putih sukses atau sebaliknya. Tentu semua berharap yang pertama menjadi kenyataan.