Arab Saudi Luncurkan Situs Khusus Haji

 
Arab Saudi Luncurkan Situs Khusus Haji

LADUNI.ID, Jakarta - Menteri Komunikasi Kerajaan Arab Saudi, Awwad bin Saleh Al-Awwad, resmi meluncurkan sebuah situs khusus haji pada Kamis (2/8). Situs ini dimaksudkan sebagai sumber berita utama, data dan informasi, dan kegiatan yang terkait dengan pelaksaan ibadah haji.

Menurut Awwad, situs https://hajjmedia.gov.sa ini disiapkan dalam dua bahasa, yaitu bahasa Arab dan Inggris. Ini dilakukan untuk mempermudah para media dari seluruh dunia yang ingin melaporkan berita haji.

Awwad menyebutkan, Kerajaan Arab Saudi telah mengundang lebih dari 800 perwakilan media asing untuk meliput pelaksanaan haji musim ini. Untuk itu, pusat-pusat media telah dibangun di sudut-sudut kota Mekkah untuk melayani para tamu,  termasuk wartawan dan perwakilan media dari dalam dan luar Kerajaan Saudi.

“Mereka juga diberi layanan yang diperlukan, termasuk layanan pers, jaringan komunikasi, komputer, dan kebutuhan lainnya untuk memudahkan mereka,” kata Awwad, dilansir kantor berita resmi Saudi, SPA. 

“Kementerian juga akan membantu media untuk melakukan wawancara dengan tamu dan memberikan data dan informasi,” tambahnya.

Selain itu, selama pelaksanaan ibadah haji situs resmi haji tersebut akan menayangkan video dalam bahasa Arab dan Inggris. 

Lebih lanjut, Awwad mengatakan kalau pejabat Kerajaan Saudi sangat menyambut baik para tamu Allah yang dari berbagai bangsa, sekte, dan ras dari seluruh dunia. Kerajaan Saudi juga berupaya untuk membantu mereka melakukan ibadah haji –dengan menyediakan fasilitas yang mempermudah, mulai dari kedatangan mereka di Mekkah sampai kepulangan mereka di rumahnya masing-masing.