Gelombang Panas Eropa: Kebakaran Hutan, Aspal Meleleh sampai Reaktor Nuklir Ditutup

 
Gelombang Panas Eropa: Kebakaran Hutan, Aspal Meleleh sampai Reaktor Nuklir Ditutup

Eropa menghadapi panas yang menyengat, dengan suhu meningkat sejak minggu lalu. Kebakaran, aspal meleleh, ikan yang mati, serta adanya penduduk yang meninggal akibat dari bencana gelombang panas tengah mengambil perhatian masyarakat duni. Beberapa ibukota di Eropa mengalami cuaca lebih panas sejak bulan Juli daripada apa yang biasa mereka alami.

Berikut beberapa peristiwa terkait gelombang panas di beberapa negara Eropa:

Yunani
Kebakaran di pesisir Yunani, tidak jauh dari Athena, menghancurkan segalanya di jalur yang mereka lalui. Ratusan orang melarikan diri ke laut untuk diselamatkan oleh perahu. Tim penyelamat sedang mencari para korban dan mayat di rumah-rumah di mana api telah dipadamkan. Dikabarkan lebih dari 80 jiwa tewas akibat kebakaran di Yunani.

Swedia
Terjadi kebakaran hutan yang luas, angkatan udara Swedia dikabarkan untuk pertama kalinya menggunakan bom untuk menjinakkan kebakaran.

Prancis
Wilayah Paris dan sekelilingnya telah menjadi daerah waspada tinggi karena meningkatnya gelombang panas yang telah menyebabkan tingkat polusi ozon meningkat. Kendaraan dengan emisi tinggi ditolak masuk ke Paris. Pemerintah secara resmi tengah menutup empat reaktor nuklir di Prancis untuk menghindari bencana yang disebabkan karena masukan air yang panas.

Inggris
Suhu panas luar biasa, sehingga memaksa pekerja kebun binatang menjaga binatang tetap dalam kondisi nyaman.

Spanyol
Suhu mencapai 44 derajat celcius hingga memicu timbulnya api. Tiga penduduk Spanyol tewas. Perbatasan jalan dengan Prancis telah ditutup untuk beberapa jam.

Portugal
Suhu di beberapa wilayah menurut Lembaga Penelitian Laut dan Udara Portual, mencapai 46 derajat celcius. Terdapat beberapa kebakaran hutan. Di ibu kota Portugal, Lisbon, pemerintah setempat sudah melarang penduduk untuk beraktivitas di luar ruangan, pemerintah juga menyediakan tempat untuk berlindung bagi para tunawisma. Hampir seribu pemadam kebakaran dan pesawat anti kebakaran tengah berjuang memadamkan api.

Austria
Polisi pengawal pantai memberikan sepatu khusus anti panas untuk anjing yang diajak berpatroli.

Belanda
Pemerintah telah menutup beberapa jalan karena aspal meleleh yang disebabkan oleh gelombang panas, karena dikhawatirkan akan membahayakan bagi pengemudi dan pejalan kaki.

Italia
Pemerintah telah mengeluarkan peringatan bahaya kesehatan bagi penduduknya dan memberikan peringatan kepada wisatawan akibat suhu tinggi. Dikabarkan sebelumnya terdapat wisatawan yang meninggal di wilayah Liguaria.

Swiss
Ribuan ikan jenis Grayling dikabarkan banyak yang mati dikarenakan suhu air melebihi 25 derajat celcius, sementara ikan ini memiliki habitat hidup di bawah suhu 23 derajat celcius.