Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Agar Cepat Move On?

 
Konsultasi Siap Nikah Umur 25 Tahun: Bagaimana Agar Cepat Move On?

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur, saya ingin berkonsultasi nih. Saya Rifa dari Ujung Pandang, umur saya 21 tahun. Saat ini saya sedang sedih nih, bawaannya baper melulu. Saya baru putus dari pacar saya dua bulan yang lalu. Saya ingin segera move on, agar bisa fokus dengan kegiatan saya.  Gimana ya mbak agar cepat move on ?
 

Wassalamu’alaikum wr wb.
Rifa di Ujung Pandang

Tanggapan :
Waalaikumsalam wr wb.
Rifa yang sedang sedih, perasaan sedih, baper karena putus cinta adalah sesuatu yang wajar dirasakan. Memang benar kamu harus segera move on, karena banyak hal penting lain yang bisa kamu raih daripada terus tenggelam dalam kesedihan. Beri waktu pada dirimu untuk menangis dan bersedih, agar perasaanmu lebih lega, namun jangan berlama-lama ya. Mbak Nur bagi tips nih, agar kamu cepat move on.

1. Jangan stalking sosmed mantan
Masih sering stalking sosmed mantan ? Penelitian dari cyberpsychology menunjukkan orang yang sering stalking sosmed mantan akan memunculkan perasaan negatif seperti penyesalan, sedih berkepanjangan, mengaktifkan kembali rasa sakit, dan tidak bisa berpikir bijak. Hentikan stalking sosmed mantan mulai sekarang.

2. Tulis hikmah yang kamu dapat dari putus cinta saat ini
Tuliskan perasaan galaumu menjadi pengalaman yang positif. Tuliskan juga hal-hal yang bisa kamu perbaiki untuk hubunganmu di masa depan. Kamu juga bisa menuliskan kriteria-kriteria calon pasangan idaman. Hal ini bisa membuatmu merasa jauh lebih baik dan menjadi afirmasi positif bagimu.

3. Fokus dengan impianmu
Pernah berpikir untuk balas dendam ? Atau ingin segera punya pacar lagi agar si mantan tahu kamu sudah move on ? TIdak ada yang kamu dapat dari hal semacam itu. Hanya kepuasan semu, selanjutnya kamu akan memiliki masalah baru karena terburu-buru dalam memutuskan sesuatu.

Sebaiknya fokus dengan impianmu, tunjukkan kamu bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Tingkatkan kualitas dan pantaskan dirimu untuk mendapatkan pasangan yang lebih baik dari mantan.

4. Curhat dengan orang-orang terdekatmu
Kamu bisa berbicara dengan orang-orang terdekatmu yang paling membuatmu nyaman. Putus cinta terkadang membuat kita tidak bisa berpikir jernih. apabila memilih curhat dengan sahabat, curhatlah  dengan orang dengan gender yang sama denganmu.

Hal ini untuk menghindari munculnya perasaan yang bersifat pelarian semata. Jikalau perlu, kamu bisa mendatangi ahli untuk berkonsultasi.

5. Membuka hati
Membuka hati bisa kamu lakukan, agar kamu tidak terfokus pada mantan pacar saja. Berkenalan dengan orang-orang baru bisa membuatmu lebih terhibur dan membuka wawasanmu. Tidak perlu terburu-buru untuk memulai hubungan yang baru, agar kamu tidak terjebak pada hubungan pelarian.

6. Memaafkan
Memberi pengampunan kepada mantan sangat penting. Memaafkan akan membuat perasaanmu lebih lega dan tanpa beban. Banyak hal dalam hidup yang lebih menyakitkan daripada sekedar putus cinta.

Yakinlah hal ini akan membuatmu lebih kuat dan banyak hikmah yang bisa kamu ambil.
Semangat ya Rifa. Semoga bisa segera move on dan diberikan pasangan yang lebih baik untukmu.
 

Wassalamu’alaikum wr wb.

Nur Chasanah, S. Psi

Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun