Pesantren Kebon Jambu Al Islamy Cirebon

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Kebon Jambu Al Islamy Cirebon

Profil

Kebon Jambu al-Islamy didirikan oleh KH. Muhammad (Alm) dan Nyai Hj. Masriyah Amva pada tanggal 07 November 1993 di bawah naungan Yayasan Tunas Pertiwi. Pondok pesantren yang sekarang, 1437 H, santrinya telah mencapai lebih dari  800 orang, terletak di Ds. Babakan Kec. Ciwaringin Kab. Cirebon. Dalam sejarahnya, Babakan sering disebut sebagai babak awal perkembangan pendidikan Islam di wilayah Cirebon pada abad XVI dengan tokoh pejuang pertamanya Kyai Jatira.

Pengambilan nama “Kebon Jambu” sendiri dilatar belakangi upaya mengabadikan aspek kesejarahan geografisnya, di mana dahulunya adalah belantara kebun yang diisi pepohonan jambu biji. Nama ini memiliki kemiripan sejarah, sebagaimana Akang—panggilan akrab dan kehormatan KH. Muhammad mengasuh sebuah pondok pesantren yang bernama “Kebon Melati” pada tahun 1975 hingga tahun 1993.

Setelah kurang lebih 25 tahun menyelenggarakan dan mengasuh pondok pesantren salaf, yang bernama ”Kebon Melati”, Akang memutuskan untuk mendirikan sebuah pondok pesantren di desa Babakan bagian selatan pada tahun 1993. Pondok pesantren yang selanjutnya diberi nama Kebon Jambu ini, tetap diasuhnya dan tetap mengajarkan kitab-kitab klasik atau kitab kuning dengan metode bandongan dan sorogan.

Nama-nama komplek di dalam pondok pesantren kebon jambu saat awal berdiri menggunakan nama istilah yang tidak asing dalam ibadah haji, karena ketika awal pendirian Pondok Pesantren kebon jambu Akang beru pulang dari menunaikan ibadah Haji, di antaranya :

Kompleks Makkah Almukaromah untuk para santri umum yang terdiri 7 kamar, masing-masing kamar dipimpin oleh oleh kepala kepala kamar. Juga ada kepala komplek Makkah Almukaromah, bagian keamanan, sekretaris, bendaraha. Bangunan komplek ini bersumber dari anggaran pesantren, swadaya santri, ustadz, donatur tidak mengikat.

kompleks Muzdalifah, ini adalah komplek khusus bagi santri penghafal kitab Alfiyah, sekaligus untuk pengkaderisasi sebelum menjadi ustadz selama berada di masa karantina. Komplek muzdalifah ini dikhususkan juga bagi santri berusia minimal 3 tahun berada di pesantren. Bangunannya adalah diambil dari bangunan ketika berada di Pondok Pesantren kebon melati dari komplek bernama Al Ittihad.

Kompleks Arafah, adalah mayoritas santri dari daerah priangan sumedang, bandung. Bangunan bersumber dari swadaya wali santri.

Kompleks Tan’im, mayoritas santri dari majalengka. Bangunannya adalah diambil dari bangunan ketika berada di Pondok Pesantren kebon melati dari komplek bernama Al Gufron.

Kompleks Mina, adalah mayoritas santri dari daerah cirebon timur, tengah, dan selatan. Bangunan bersumber dari swadaya wali santri.

Kompleks Madinah, adalah mayoritas santri dari daerah majalengka. Bangunan bersumber dari swadaya wali santri.

Seiring pesatnya perkembangan Pondok Pesantren kebon jambu al islamy  sehingga bangunan tempo dulu ketika awal berdiri, dipugar dan ganti menjadi bangunan untuk area sekolah SMP, MA, Mah’had Aly.

Sejak ditinggal kepergian Akang pada tahun 2006 menghadap sang kuasa, kepengurusan kebon jambu al islamy putera diasuh oleh Kang Asror (panggilan Akrab KH. Asror Muhammad Putera sulungnya, semasa kepemimpinan Kang Asror Pondok Pesantren mengalami perkembangan semakin pesat bahkan bisa dibilang sedang mencapai puncak keemasan.

Namun, Allah swt memilik rencana yang terbaik atas hamba-NYA, pada Juni 2017 bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan 1438 H Kang Asror menghadap sang maha pencipta. Dan kini, Pondok Pesantren kebon jabu al islamy putera dipimpin oleh Putera Bungsu dari Akang, Kiyai Hasan Rohmat Muhammad yang akrab dipangil Ang Omat.

Ponpes Kebon Jambu memiliki Visi, “Terwujudnya manusia pandai, terampil dan berakhlaqul karimah agar menjadi orang shaleh yang mulia, dan beramal ikhlas.” Sementara Misi yang dibangunnya, mencetak insan berpengetahuan luas dalam rangka pembangunan Nasional, Mewujudkan manusia berwawasan kebangsaan dan keagamaan, Berakhlaqul karimah, Menciptakan lembaga yang berkualitas, nyaman dan agamis. Ponpes ini memiliki bidang Pendidikan mencakup : SMP, MA, MTAS, Ma’had Aly.
Pendiri
1. KH. Muhammad
2. Nyai Hj. Masriyah Amva

Pengasuh
1. KH. Muhammad
2. Nyai Hj. Masriyah Amva
3. KH. Asror Muhammad
4. KH. Hasan Rohmat Muhammad

Pendidikan

Unit Pendidikan
1. MTa
2. SMP
3. MA
4. Ma'had Aly

Ekstrakurikuler

Pesantren Kebon Jambu Al Islamy memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti santri, di antaranya:

1. Tahfidz al-Qur’an
2. Seni Qiroat Al Qur'an
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Seni Retorika Dakwah         
5. Bahtsul Ma’sail
6. Mujahadah                    
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga: Silat PTSG, Sepakbola/Futsal, Voli, Basket, Sepak Takraw, Bulutangkis, Tenis Meja
9. Seni Anggklung                         
10. Seni Teater                                      
11. Seni Marawis                    
12. Seni Dekorasi/Kaligrafi               
13. Seni Tari                              
14. Kursus Bahasa Arab dan Inggris                 
15. Kursus Menjahit
16. Kursus Komputer
17. PMR
18. Pramuka
19. PASKIRA


Hadrah di pesantren Kebon Jambu Al Islamy


Praktek Komputer di pesantren Kebon Jambu Al Islamy

 

Fasilitas

Pesantren Kebon Jambu Al Islamy memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. Gudang
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan
13. Media Pembelajaran Multimedia
13. Ruang Belajar Full AC
14. Tenaga Pendidik Professional
15. Warnet
16. Biaya pendidikan yangterjangkau
17. Beasiswa bagi siswa yang berprestasi
18. Wajib Domisili di Pesantren Babakan


Gedung pesantren di pesantren Kebon Jambu Al Islamy


Gedung BLKK di pesantren Kebon Jambu Al Islamy

Alamat

Jl. Kebon Jambu No.1 Babakan, Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat
Kode Pos :  45167
Telepon    :  (0231) 342-259, 0812-2306-9939
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://www.kebonjambu.org

KUNJUNGI JUGA


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya