15 Perkara Sunat Hari Asyura

15 Perkara Sunat Hari Asyura

LADUNI. ID I AMALIAH- Selama bulan Muharram ini bukan hanya puasa sunat saja yang dianjurkan juga ada beberapa amalan lain yang dianjurkan. Sebagian ulama menyebutkan ada 15 amalan: 

1) Shalat Tasbih, 
2) puasa
3) sedekah 
4) melapangkan nafkah (bagi yang wajib menafkahi) 
5) mandi 
6) mengunjungi orang ‘alim yang shalih 
7) menjenguk orang yang sakit 
8) mengusap kepala anak yatim 
9) menggunakan celak 
10) memotong kuku 
11) membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 1000 kali 
12) silaturrahim
13) Memberi makan berbuka puasa.
14) Membaca wirid

حَسْبِيَ اللهُ وَنِعْمَ اْلوَكِيْلُ نِعْمَ اْلمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ (70x)
15) Membaca doa. 

سُبْحَانَ اللَّهِ مِلْءَ الْمِيزَانِ وَمُنْتَهَى اْلعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وَزِنَةَ الْعَرْشِ. وَاْلحَمْدُ للهِ مِلْءَ الْمِيزَانِ وَمُنْتَهَى اْلعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وَزِنَةَ الْعَرْشِ. وَاللهُ اَكْبَرُ مِلْءَ الْمِيزَانِ وَمُنْتَهَى اْلعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وَزِنَةَ الْعَرْشِ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَي مِنَ اللهِ إِلاَّ اِلَيْهِ. سُبْحَانَ اللَّهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ كُلِّهَا. وَاْلحَمْدُ للهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ كُلِّهَا. وَاللهُ اَكْبَرُ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ وَعَدَدَ كَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ كُلِّهَا. أَسْأَلُكَ السَّلَامَةَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَلَا حَوْلَا وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ اْلعَلِيُّ اْلعَظِيْمُ. وَصَلَّى اللهُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ وَاْلحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ.

Namun ada juga yang  menganggap bahwa kesemua amalan ini tidak berdasar pada hadits. Sedangkan yang disebutkan dalam hadits hanyalah puasa dan melapangkan nafkah.

Sementara itu dalam kitab ‘Ianatut Thalibin juga disebutkan, ada beberapa amalan yang dianjurkan ditunaikan pada hari Asyura, antara lain : 

1) barangsiapa yang menghidupkan malam Asyura dengan beribadah, maka ia seakan-akan beribadah laiknya ibadahnya penghuni langit ketujuh. 

2) barangsiapa yang shalat 4 rakaat dengan setiap rakaatnya membaca surat Al-Fatihah 1 kali serta Al Ikhlas 51 kali, maka dosa-dosa yang ia lakukan selama 50 tahun, akan terhapus. 

3) barangsiapa yang memberikan minuman di hari asyura’, maka kelak di hari akhir akan diberikan minuman yang tak bisa membuat ia merasa haus selamanya. 

4) barangsiapa yang bersedekah pada hari asyura’, seakan-akan ia tak pernah menolak peminta 

5) barangsiapa yang mandi di hari asyura’, ia terbebas dari jerat penyakit pada tahun itu selain kematian. 

6) barangsiapa yang mengusap kepala atau berbuat baik pada anak yatim di hari asyura’, maka ia seakan-akan berbuat baik terhadap seluruh anak adam. 

7) barangsiapa yang menjenguk orang sakit pada hari asyura’, seakan-akan ia mengunjungi seluruh anak adam yang didera penyakit.

Beranjak dari itu marilah kita isi bulan Muharram ini dengan beragam amalan diatas kita laksanakan demi menggapai ridha-Nya. Selamat menunaikan ibadah di hari Asyura’.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi 
Wallahu a’lam

Sumber :
Nihayatuz Zain
as-Syarqawi ‘ala syarh al-Tahrir
‘Ianatut Thalibin
Ghayatul bayan syarah matan Zubad
Ghayatul Muna syarah Safinatun Najah